Indonesia Clean Day Kampanyekan Sampah Bernilai Ekonomi

Editor : Muhammad Tohir
Sejumlah Komunitas Dikabupaten Sidrap, Bergerak Bersihkan Sampah
Sejumlah Komunitas Dikabupaten Sidrap, Bergerak Bersihkan Sampah

Online24,Sidrap-Sejumlah Komunitas dikabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, menggelar kegiatan Clean Day, kegiatan ini di lakukan di area monumen ganggawa dan di Stadion Ganggawa, Minggu (08/10/2017).

Dan melibatkan puluhan anggota dari sejumlah komunitas, yakni Sidrap Membaca ( SIMBA ), Bank Sampah Nene Mallomo, Juventini Sidrap, Komunitas Bikers S2C, dan Komunitas Pecinta Alam SMA 11 Sidrap.

“Sampah yang terkumpul ini dibawa ke tempat pengolahan sampah, selanjutnya dipisahkan berdasarkan jenisnya, karena jenis sampah tersebut memiliki nilai ekonomi tersendiri,” Ujar Nasri inisiator Bank Sampah Nene Mallomo.

Pria yang akrab disapa La Onchas ini juga menjelaskan jika saat ini menurutnya sampah bukan masalah namun sampah adalah berkah, kedepan kata dia kegiatan Clean Day ini akan rutin ini dilaksanakan dengan bekerjasama berbagai komunitas dikabupaten Sidrap.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa bekerja sama dalam mewujudkan program bebas sampah 2020 dan nantinya masyarakat bisa memanfaatkan nilai ekonomi sampah yang selama ini mereka buang,”katanya.

semua jenis sampah lanjut La Onchas memiliki nilai ekonomi, sampah organik itu bisa di olah menjadi pupuk kompos dan sampah non organik bisa di daur ulang yang bisa di olah menjadi biji plastik atau kepingan plastik dan bisa juga di jadikan kerajinan.