Sosok Almarhum Anci Laricci di Mata Sahabat Kecilnya

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Khaeruddin alias Udin Raflesia (65) sahabat kecil almarhum Anci Laricci
Khaeruddin alias Udin Raflesia (65) sahabat kecil almarhum Anci Laricci

Online24, Makassar – Dunia hiburan dirundung duka yang mendalam, sebab musisi senior Syamsir Arifin atau yang dikenal Anci Laricci, tutup usia, Minggu (8/10/2017) pagi.

Anci meninggal dunia di usia 64 tahun, saat bertemu koleganya di posko pemenangan Nurdin Abdullah (NA) di Jalan Haji Bau, Makassar, Sulawesi Selatan, sekitar pukul 09.00 wita.

Kepergian musisi senior ini tentu saja menyisakan pilu bagi kerabatnya, terlebih bagi Khaeruddin alias Udin Raflesia (65), sahabat kecil almarhum.

Di mata Udin, Anci Laricci adalah sosok yang memiliki jiwa sosial tinggi, serta memiliki nilai solidaritas terhadap teman-temannya.

“Dia (almarhum) baik, memiki jiwa sosial tinggi, merakyat karena beliau ini tidak pilih kasih dengan teman-temannya, karena beliau ini nilai solidaritas terhadap temannya itu tinggi,” tuturnya.

Kenal dengan almarhum sejak kecil, Udin menganggap almarhum sudah lebih dari saudara.

“Saya dan beliau (almarhum) sudah lebih dari saudara, saya kenal dia sejak kecil, waktu itu dia tetangga saya, tapi pas SMP kita jalan masing-masing (jalani karir) dan kembali dipertemukan ketika dewasa,” lanjutnya.

Tahun 70-an, sambung Udin, pria kelahiran  17 Agustus 1953 ini sempat mengabdikan diri sebagai penyanyi Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka. Namun, beberapa tahun kemudian, ia memilih memulai karir sebagai penyanyi di ibu kota Jakarta.

“Dia ciptakan lagu, kerjasama dengan saudaranya di Jakarta, direkam dan disodorkan ke produser dan ternyata mereka suka, semenjak itu lagu pertama almarhum bergenre regge berjudul Nona Manis melejit di pasaran dan beliau terkenal,” sambungnya.

Namun selama di Jakarta, almarhum sempat fakum di dunia entertain, sehingga ia memutuskan untuk ke Makassar dan memulai karir sebagai penyanyi daerah. Alhasil, almarhum menjadi sosok penyanyi daerah legendaris di Makassar lantaran karya-karyanya yang membanggakan.