Ini Resep Kabupaten Enrekang Terima Sertifikat Bebas Filiriasis

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir
dr. Marwan (Kadis Kesehatan Enrekang)
dr. Marwan (Kadis Kesehatan Enrekang)

Online24.Enrekang- Kabupaten Enrekang menjadi salah satu dari 13 Kabupaten/Kota di Indonesia yang dinyatakan sebagai Kabupaten bebas dari penyakit filiriasis, hal ini disampaikan Kadis Kesehatan Dr. Marwan Ganoko kepada Online24jam, Senin ( 9/10/2017).

Pernyataan Enrekang bebas penyakit kaki gajah ini ditandai dengan penyerahan sertifikat yang diterima Bupati Muslimin Bando dari Menteri Kesehatan RI Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah pada acara pencanangan serentak minum obat Filiriasis setiap Bulan Oktober selama 5 tahun.

” Alhamdulillah tahun ini kita mendapat sertifikat eliminasi filiriasis. Itu artinya Kabupaten Enrekang aktif melakukan pencegahan dan pemberantasan salah satu penyakit berbahaya ini,” Kata dr. Marwan.

Kadis Kesehatan Enrekang ini juga mengatakan, sejak ditemukan filiriasis pertama kali pada tahun 2006 terus pemerintah melakukan pengobatan, pemeriksaan dan penelitian sehingga tahun ini Enrekang dinyatakan bebas Filiriasis.

” Penyakit kaki gajah dapat ditularkan oleh semua jenis nyamuk sehingga mulai sekarang sangat penting kita secara bersama melakukan pencegahan pada penyakit yang bisa menyebabkan kecatatan misalnya dengan program 3M plus, kelambunisasi, menanam tanaman bunga di pekarangan seperti lavender, tanaman kemangi atau bahkan memelihara ikan gabus dan gurame di sekitar rumah,” Papar dr. Marwan.

” Kebersihan lingkungan harus selalu dijaga,kita percaya jika kita melakukannya dan dimulai pada diri sendiri maka insya Allah Enrekang selamanya akan terbebas dari penyakit ini,” Tutupnya.