Peserta IOX Celebes 2017 Akan Lewati Jalur Ekstrem Sulsel Sepanjang 1.500 KM

Editor : Lucky
Peserta IOX Celebes 2017 (foto: Antara)
Peserta IOX Celebes 2017 (foto: Antara)

Online24, Makassar – Ratusan kendaraan peserta Kejuaraan offroad ekstrem Indonesia Offroad Expedition (IOX) Celebes 2017 telah dilepas di Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (7/10/2017). Peserta bakal menjelajahi jalur berat dari Kendari, Sulawesi Tenggara, menuju Makassar, Sulawesi Selatan.

Koordinator pengapalan kendaraan dari Indonesia Offroad Expedition (IOX), Akbar Zakariah,mengatakan jumlah kendaraan 4X4 yang tiba di Kendari sebanyak 73 unit serta 70 kendaraan roda dua. Sebelum melakukan ekspedisi, setiap kendaraan melewati pemeriksaan yang ketat dari tim dari Indonesia dan juga ahli dari Malaysia, Tai Yew Wang. Ia dikenal sangat teliti dalam melakukan pemeriksaan kendaraan.

Ketua Panitia IOX Celebes 2017, Firzal Muzaffar, mengatakan, tujuan dari ekspedisi off-road IOX-2017 Celebes ini untuk menyingkap tabir pesona Sulawesi di wilayah yang tidak lagi dilalui kendaraan bermotor sejak lama serta menguji keterampilan (skill), ketahanan fisik, mental, dan kendaraan para peserta.

Perjalanan sepanjang sekitar 1.500 Km akan ditempuh dalam 15 hari perjalanan ini. Peserta diperkirakan tiba di Makassar, Sabtu (21/10/2017) nanti.

Mayoritas waktunya akan dilakukan di area super ekstrim Sulawesi yang sangat menantang. “Ekspedisi ini akan benar-benar menguji skill dan kesabaran para off-roader yang mengikuti event IOX-2017 hingga ke batas kemampuannya,” ucap Pipit,sapaan Firzal Muzaffar.

Pipit menambahkan, rute IOX tahun ini berbeda dari model rute event IOX sebelumnya. “Rute IOX-2017 akan melalui jalur-jalur tua sepanjang 40 Km yang sudah terlupakan dan tidak terpakai lagi, yang kondisinya saat ini telah menjadi sangat super ekstrim,” papar Pipit yang juga anggota IOX Chapter Makasar.

Dilansir dari mobilkomersial.com, Pipit mengatakan bahwa masyarakat sekitar jalur yang akan dilalui mendukung upaya IOX menerobos jalur tua yang sudah ditinggalkan tersebut dengan harapan adanya perhatian Pemerintah Daerah untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang hancur yang dibutuhkan masyarakat.

Kejuaraan IOX Celebes 2017 ini menggunakan kendaraan yang telah dimodifikasi mengingat jalur yang akan digunakan benar-benar ekstrem. Bahkan, beberapa jalur merupakan bukaan baru khusus untuk kejuaraan yang mirip Camel Offroad itu.

“Dari segi kesuksesan, kami tidak ingin Kendari dan Makassar kalah dari kota lain yang dilalui event IOX di tahun-tahun sebelumnya,” kata pria yang akrab dipanggil Pipit itu.

Kejuaraan offroad ekstrem dari Kendari menuju Makassar ini sebenarnya bukan yang pertama. IOX 2017 Celebes ini sendiri bagaikan mengulang sejarah kegiatan offroad dari Kendari ke Makasar yang pernah sukses dilaksanakan pada tahun 2006 dengan nama Diplomat Challenge 2006. Saat itu dipimpin oleh Syamsir Alam, offroader kawakan Indonesia.

Setelah 11 tahun tidak ada event besar offroad di Kendari, tahun ini IOX datang dengan track yang lebih keras dan menantang.(*)