Terbukti Korupsi, Eks Legislator Jeneponto Dihukum 4 Tahun Penjara

Reporter :
Editor : Lucky

Wakil Ketua PN Makassar, Muhammad Damis
Wakil Ketua PN Makassar, Muhammad Damis

Online24, Makassar – Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar menjatuhkan vonis selama 4 tahun penjara beserta denda Rp 50 juta dan uang pengganti sebesar Rp 200 juta kepada Eks Legislator DPRD Kabupaten Jeneponto, Bunsuhari Baso Tika.

Terdakwa dinyatakan bersalah dan terbukti melakukan tindak pidana korupsi pada penyaluran dana aspirasi Kabupaten Jeneponto tahun 2013 dan menyebabkan kerugian negara yang ditaksir mencapai Rp 16 miliar.

“Sudah divonis 4 tahun penjara beserta uang pengganti 200juta rupiah, untuk saat ini kedua pihak masih fikir-fikir untuk mengajukan upaya banding,” ungkap Hakim Ketua, Muhammad Damis, Senin (9/10/2017).

Hukuman yang dijatuhkan Majelis Hakim kepada terdakwa Bunsuhari Baso Tika lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut umum yang meminta Hakim menjatuhkan vonis 4 tahun dan 6 bulan penjara.

Dalam perkara ini, terdakwa bersama tiga terpidana lainnya yakni Alamsyah Mahadi Kulle, Burhanuddin, dan Adnan diduga kuat terlibat dalam kasus korupsi dana aspirasi pada tahun 2013. Adapun modus operandinya berupa keikutsertaan sejumlah anggota dewan dalam proyek penyaluran dana aspirasi di Kabupaten Jeneponto senilai Rp 16 miliar.