Dinkes Lutim Fokuskan Pembangunan Kesehatan Masyarakat

Editor : ifan Ahmad

Pertemuan lintas sektor kesehatan olahraga yang di pusatkan di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Senin (09/10/2017). (Foto: Humas Pemkab Lutim)
Pertemuan lintas sektor kesehatan olahraga yang di pusatkan di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Senin (09/10/2017). (Foto: Humas Pemkab Lutim)

Online24, Malili – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur sangat konsen dan fokus pada pembangunan kesehatan masyarakat.

Hal ini dibuktikan dari kegiatan pertemuan lintas sektor kesehatan olahraga yang dipusatkan di Gedung Wanita Simpurusiang, Malili, Senin (09/10/2017).

Pertemuan lintas sektor kesehatan ini merupakan serangkaian program strategis serta implementasi dari berbagai program Kementerian Kesehatan RI, salah satunya adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Pertemuan ini diikuti oleh kurang lebih 200 peserta yang berasal dari guru olahraga SD, se Kabupaten Luwu Timur, dari dinas pendidikan, pemuda dan olahraga. Juga dihadiri oleh narasumber dari Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Provinsi Sulawesi Selatan, dr Ampera dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Tahun ini Germas difokuskan pada tiga kegiatan utama, yaitu pertama, aktivitas fisik, kedua, konsumsi sayur dan buah dan terakhir, pemeriksaan kesehatan secara rutin. Ketiga fokus ini dilakukan untuk mewujudkan paradigma sehat dengan tujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat masyarakat.

“Lebih tepatnya program ini menuju ke arah pengembangan upaya kesehatan, dari upaya yang bersifat kuratif bergerak ke arah upaya kesehatan promotif dan preventif,” tutur Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan, dr Junaedi.

Lebih lanjut Junaedi menjelaskan, membangun kebiasaan sehat di masyarakat melalui olahraga sangat penting. Apalagi hal ini juga sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan nasional. Makanya, pembinaan dan pengembangan olahraga harus ditempatkan dalam rangka program pembangunan nasional, selain sebagai alat pemersatu bangsa dan gaya hidup sehat bugar, juga membangun karakter bangsa.

Mewakili Bupati Luwu Timur, Staf Ahli Ekonomi dan Keungan, Askar, mengatakan pemerintah sangat mendukung kegiatan ini. Pasalnya pertemuan ini merupakan upaya untuk membudayakan aktifitas fisik dalam kehidupan.

“Saya berharap aparat pemerintah dari tingkat kabupaten hingga kecamatan dapat menjadi contoh bagi masyarakat,” imbuhnya. (*)