Spanyol Tekuk Tuan Rumah Israel 1-0

Editor : Endhy

Online24 – Spanyol menutup kiprah mereka di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan raihan tiga poin setelah berhasil memetik kemenangan tipis 1-0 atas tuan rumah Israel dalam laga pamungkas Grup G di Teddy Stadium, Senin (10/10) dini hari WIB.

La Furia Roja yang sudah memastikan tempat di babak utama Piala Dunia tahun depan di Rusia menurunkan banyak pemain pelapis di laga ini. Di antaranya ada gelandang serang andalan Las Palmas, Jonathan Viera yang mendapatkan kesempatan melakoni debut.

Dominasi permainan tetap dipegang Spanyol sejak awal, dengan sejumlah peluang hadir melalui pergerakan Cesar Azpilicueta, Aritz Aduriz, hingga Marco Asensio yang memaksa barisan belakang Israel bekerja keras hingga pertengahan babak pertama.

Menit ke-32, Spanyol punya kesempatan untuk bisa membuka keunggulan melalui tembakan keras Sergio Ramos dari jarak jauh. Sayangnya gagal membuahkan hasil setelah aksi kapten Real Madrid itu mampu dimentahkan secara brilian oleh kiper Israel, Ariel Harush.

Kendati lebih banyak tertekan, Israel pun bukan berarti tanpa peluang. Beberapa saat menjelang turun minum, striker utama Brighton & Hove Albion, Tomer Hemed menebar ancaman selepas menerima umpan akurat David Keltjens, meski eksekusi akhirnya belum sesuai harapan.

Israel mencoba untuk melakukan gebrakan di awal babak kedua, berusaha mengejutkan pertahanan Spanyol melalui pergerakan cepat Marwan Kabha yang kemudian memberikan umpan kepada Hemed. Sayang penyelesaian akhir sang striker belum sesuai harapan.

Setelah itu, irama permainan kembali dipegang Spanyol. Dua kesempatan untuk memecah kebuntuan hadir bedekatan pada menit ke-64, yang pertama sepakan Aduriz mampu diamankan Harush yang disusul oleh peluang Asensio dengan sebuah tembakan melengkung yang melebar dari gawang tuan rumah.

Dominasi permainan Spanyol pun akhirnya terbayarkan dengan terciptanya gol pada menit ke-76. Asier Illarramendi mencatatkan namanya di papan skor sekaligus gol perdana di level internasional setelah tembakan kerasnya yang meneruskan situasi selepas sepak pojok bersarang ke gawang Israel.

Mampu berada dalam situasi unggul saat laga memasuki fase akhir membuat anak asuh Julen Lopetegui semakin nyaman dalam bermain. Hingga peluit panjang dibunyikan wasit, kampiun Piala Dunia 2010 tersebut sukses mempertahankan keunggulan.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu