Portugal Amankan Satu Tiket ke Piala Dunia 2018

Editor : Endhy

Online24 РPortugal sukses mengamankan satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah menang 2-0 atas Swiss di Estadio da Luz, Rabu (11/10) dini hari WIB. Dua klub yang bertanding ini sama-sama mengantongi 27 poin, tapi Seleccao duduk di puncak Grup B karena unggul selisih gol.

Kualitas Cristiano Ronaldo dkk dalam menghadapi tekanan memang tak perlu diragukan lagi. Dalam situasi krusial, klub berseragam merah marun itu kembali tampil impresif. Kali ini, gantian Swiss yang merasakan getahnya.

Tim asuhan Fernando Santos itu tampil agresif sejak menit awal, memamerkan intensinya untuk mencetak gol cepat. Meski begitu, gol baru tercipta di menit ke-41 dan ada sedikit buah dari keberuntungan di sana.

Yann Sommer tampil sigap di bawah mistar dan meninju umpan silang Eliseu. Sayang, keberaniannya menerjang kerumunan Portugal malah berbuah pahit, seiring bola membentur Johan Djorou dan berbelok ke gawang Swiss.

Keunggulan satu gol itu bertahan hingga jeda turun minum, tapi Portugal tak menurunkan tempo di paruh kedua. Seleccao bahkan mampu menggandakan keunggulan ketika laga memasuki menit ke-57.

Bernardo Silva layak mendapat sanjungan berkat aksinya dalam gol kedua ini. Winger Manchester City itu melakukan aksi individu menawan di sektor kanan, menerjang kotak penalti, lalu menggelindingkan bola ke depan gawang. Ada Andre Silva yang berdiri bebas di sana dan dengan mudah menjebol gawang Swiss yang tak dikawal.

Gol kedua itu mendorong Santos untuk memperkuat pertahanan Portugal. Antunes dimainkan untuk menggantikan Eliseu, kemudian Andre Silva ditukar posisinya dengan Andre Gomes.

Jelang bubaran, kreasi peluang Portugal memang berkurang. Adapun Swiss masih kesulitan menjebol pertahanan Rui Patricio dkk. Alhasil, keunggulan dua gol Seleccao bertahan hingga bubaran dan Ronaldo cs dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.