Absennya Maitimo Kontra PSM Dinilai Kurangi Kekuatan Lini Serang Persib

Reporter :
Editor : Asri Muhammad
Raphael Maitimo saat berbaju PSM Makassar beberapa waktu lalu
Raphael Maitimo saat berbaju PSM Makassar beberapa waktu lalu

Online24, Makassar – Gelandang Persib Raphael Maitimo, harus absen membela timnya Persib Bandung, saat melakoni laga tandang kontra PSM di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (15/10/2017) nanti. Maitimo absen karena terkena akumalsi kartu.

Saat ini, pemain naturalisasi asal Belanda tersebut sudah mengantongi lima kartu kuning. Kartu kuning terakhir diperoleh Maitimo, saat membela timnya kontra Barito Putera pekan lalu. Sesuai regulasi, sang pemain harus absen pada satu laga.

Kehilangan pemain yang sempat berseragam tim Juku Eja di pramusim itu, tentu menjadi masalah tersendiri bagi tim Maung Bandung. Pasalnya, pemain berusia 33 tahun itu selalu menjadi pilihan utama di skuat inti sejak regulasi pemain U-23 di Liga 1 ditangguhkan.

Total, Maitimo sudah mengoleksi 24 caps bersama Persib. Pemain yang bisa menempati beberapa posisi seperti penyerang sayap hingga striker ini berhasil mencetak delapan gol dan lima assist.

Eks pemain PSM era 1980an, Ali Baba menilai absennya Maitimo jadi keuntungan tersendiri bagi PSM. Menurutnya, meski tim asal kota Paris Van Java itu punya barisan gelandang yang bisa mengisi posisinya. Namun, kemampuan menyerang Maitimo tidak dimiliki penggantinya tersebut.

“Mereka punya gelandang yang cukup banyak. Hanya saja kelebihan Maitimo, daya menyerangnya bagus dan pintar memilih ruang. Tapi tidak demikian dengan pertahanannya,” jelas Ali Baba.