Wujud Kepedulian, RSUD Andi Makkasau Parepare Tampung Pasien Tanpa Identitas

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Perawat RSUD Andi Makkasau Kota Parepare merawat pria tanpa identitas
Perawat RSUD Andi Makkasau Kota Parepare merawat pria tanpa identitas

Online24, Parepare – Memberikan pelayanan prima terhadap pasien adalah tujuan utama managemen RSUD Andi Makkasau Kota Parepare. Bukan hanya bagi pasien dengan identitas yang lengkap, namun juga kepada pasien yang membutuhkan, meski tanpa identitas. Hal ini disampaikan Kepala Sub Bidang Humas dan Pemasaran RSUD Andi Makkasau Kota Parepare, Hj Farida.

Saat call center 112 mengantar seorang pasien laki-laki yang tidak dikenal ke RSUD Parepare, pasien tersebut dalam kondisi lemas dan tidak sadarkan diri.

“Kami tidak mengenal siapa yang kami rawat, kami merawat mereka dengan ikhlas dan sepenuh hati, karena selain pelayanan, kami juga memerankan fungsi sosial,” ujarnya, Rabu (11/10/2017).

Dikonfirmasi terkait pasien tanpa identitas tersebut, Hj Farida, mengatakan pihak RSUD telah merawat pasien tersebut selama enam hari. Tiga hari dirawat di IGD, dan tiga hari di ruang Teratai.

“Kami baru tau nama pasien tersebut La Bette, saat dirawat enam hari lamanya,” ujarnya.

Setelah kondisi pasien terlihat lebih baikan, dan telah mengetahui identitasnya. Pihak RSUD kemudian menghubungi Dinas Sosial untuk mengantar warga tersebut pulang ke kampung halamannya, di Tanru Tedong, Kabupaten Sidrap.

“Nanti saat sadar baru kita tanya soal identitas dan keluarganya. Dari keterangan pasien itulah kita tahu kalu dia tinggal di Sidrap, maka kami meminta bantuan Dinas Sosial untuk mengantar bapak ini kembali ke keluarganya,” katanya.

Bahkan seluruh biaya pengobatan pasien selama dirawat di RSUD Andi Makkasau, sepenuhnya ditanggung managemen RSUD. Hal ini karena melihat pasien merupkan laki-laki paruh baya, dan kondisinya saat itu sangat membutuhkan.