Jaga Ekosistem, DKPP Luwu Timur Tebar Benih Ikan

Editor : Asri Muhammad
Jaga Ekosistem,  DKPP Lutim tebar benih ikan
Jaga Ekosistem, DKPP Lutim tebar benih ikan

Online24, Luwu Timur – Demi menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat nelayan, dengan tujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem seimbang, Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan (DKPP) Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melakukan penebaran benih ikan di Dermaga Pusat Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Wewangriu Kecamatan Malili (12/10/2017).

Dalam kesempatan ini, Kepala DKPP Kabupaten Luwu Timur Nursih Hariani bersama Kabag Ren Polres Luwu Timur kompol Eko Lelono dan nelayan di sekitar Sungai Malili, melaksanakan penebaran ikan (Restocking) sebagai upaya pengembalian populasi ikan.

Kepala DKPP Kabupaten Luwu Timur Nursih Hariani, melalui rilis yang diterima mengatakan, kegiatan ini merupakan Gerakan Pengawasan dan Pemulihan Sumber Daya Ikan oleh 1.000 masyarakat pengawas perikanan melalui restocking/ penebaran ikan di laut dan perairan umum, yang dicanangkan Gubernur Sulawesi Selatan dalam rangka memeriahkan HUT Sulawesi Selatan ke 348.

Menurut Nursih, tujuan dari ini adalah antara lain menjaga keseimbangan lingkungan atau ekosistem, menambah ketersediaan ikan, meningkatkan populasi dan produksi ikan, serta meningkatkan pendapatan para nelayan.

“Harapan saya kepada masyarakat, khususnya yang berada di sekitar sungai ikut aktif menjaga dan mengawasi kondisi sungai yang telah ditebar benih ikan sehingga kelestarian lingkungan dapat terjaga,” katanya.

Adapun jenis ikan yang disebar seperti ikan mas, ikan bandeng, ikan nila dan udang windu. Benih-benih ikan ini disebar di 4 titik di tiga kecamatan, masing masing di perairan laut 2 titik yaitu di Desa Burau Pantai Kecamatan Burau, dan di Desa Tampinna Kecamatan Angkona, sedangkan 2 titik lainnya diperairan umum yang lokasinya berada di Desa Manurung dan Desa Wewangriu Kecamatan Malili.