Tunjangan Kinerja ASN Parepare Bakal Naik

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Konsultasi Publik Penerapan Tunjangan Kinerja atau Pakasi Bagi Aparatur Sipil Negara Lingkup Pemerintah Kota Parepare.
Konsultasi Publik Penerapan Tunjangan Kinerja atau Pakasi Bagi Aparatur Sipil Negara Lingkup Pemerintah Kota Parepare.

Online24, Parepare – Aparatur sipil Negara (ASN) Kota Parepare patut bersyukur. Pasalnya rencana pemberian tunjangan kinerja atau Pakasi telah masuk dalam tahapan konsultasi publik. Penerapan tunjangan kinerja kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang rencana akan diberlakukan di lingkup Pemerintah Kota Parepare, di harapkan mampu menjadi motivasi menuju manajemen pemerintahan yang profesional. Hal itu disampaikan Walikota Parepare, Taufan Pawe, di tengah acara Konsultasi Publik Penerapan Tunjangan Kinerja atau Pakasi Bagi Aparatur Sipil Negara Lingkup Pemerintah Kota Parepare.

“Kita ingin menuju pemerintahan yang berbasis profesional. Ini tuntutan oraganisasi,” ujar Taufan.

Lanjut Taufan, mengapresiasi panitia pelaksana dari Kantor Bappeda Parepare, bekerja sama dengan LAN RI Makassar. Menurutnya, konsultasi publik diharapkan dapat menghasilkan peningkatan pengetahuan tentang pemberian tunjangan kinerja terhadap ASN.

“ASN memiliki kinerja untuk menjalankan tugas serta tupoksinya dengan baik, olehnya itu, hal ini sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian dan kinerja mereka,” kata dia.

Taufan menegaskan, manajemen pemerintahan bukan pendekatan struktural, melainkan lebih kepada pendekatan hasil. Ada beberapa catatan yang paling penting untuk mewujudkan tunjangan kinerja tersebut.

“Manajemen pemerintahan harus berfikir kedepan, melakukan lompatan kinerja yang jauh lebih profesional. Mereka perlu menyiapkan mental aparatur, pengawasan, dan akuntabilitas,” ujarnya.

Taufan mengharuskan, seluruh ASN patut mernatuhi tiga dasar instrumen yakni, Absensi Elektronik, capaian kinerja, dan kedisiplinan.

Sementara, Lukman, perwakilan dari PKP2A II LAN Makassar, menjelaskan tiga hal dasar yang harus dilakukan Pemerintah Kota Parepare untuk menerapkan tunjangan kinerja.

“Dasar yang pertama yakni Pendekatan Filosofi, kemudian Kebijakan ASN dan syarat pemberian tunjangan kinerja,” katanya.

Lukman dalam pemaparannya menambahkan tunjangan yang akan diberikan tersebut harus juga terkait dengan RPMJ Nasional yang berbasis pada performance birokrasi.