Hadir Pada Rapat Monev Triwulan III, Bupati Lutra Juga Launching Aplikasi e-RFK

Editor : Lucky

Online24, Masamba – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Bappeda melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan program kegiatan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup Pemerintah Daerah Luwu Utara di aula rapat kantor Bappeda, Masamba, Senin (16/10/2017).

Sesuai amanah Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) maka saat ini pelaksanaan tahun anggaran tahun 2017 sudah melewati tiga bulan atau Triwulan III (tiga) Untuk itu kegiatan monev wajib untuk dilakukan.

Menurut Kepala Bappeda, Rusdi Rasyid, kegiatan monev ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana capaian kinerja dan serapan anggaran pelaksanaan kegiatan pembangunan hingga triwulan III (tiga) tahun 2017 yang di biayai oleh APBD. Juga mengkaji permasalahan-permasalahan apa saja menjadi kendala yang dihadapi.

Sehingga dari kegiatan ini dapat mengambil langkah dan upaya dalam mengantisipasi keterlambatan pelaksanaan kegiatan pembangunan sehingga prosesnya itu bisa tepat waktu dan tepat sasaran.

“Pelaksanaan monev tingkat kabupaten ini merupakan rangkaian dari monev yang telah dilakukan sejak tanggal 25 September- 6 Oktober pada tingkat kecamatan, jelas Rusdi Rasyid.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, yang pada kesempatan ini membuka kegiatan Monev Triwulan III ini mengatakan bahwa capaian realisasi kegiatan masih perlu untuk lebih ditingkatka. Sehingga capaian tersebut akan lebih meningkat.

Indah berharap kepada para kepala SKPD mempercepat dan memperhatikan setiap kegiatan yang telah direncanakan. “Apabila kita tidak tingkat kanrealisasi yang ada, maka pelaksanaan kegiatan akan berdampak pada masyarakat dan serapan anggaran,” jelasnya.

Selain pembukaan Monev, pada kesempatan ini juga diadakan launching Realisasi Fisik dan Keuangan elektronik (e-RFK). Ini adalah aplikasi yang dapat dijadikan sebagai wadah untuk mengakses perkembangan kegiatan setiap saat sejauh mana program itu dijalankan.