Pasokan Berkurang, Harga Jeruk Nipis Melonjak

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Berbagai kebutuhan rumah tangga yang dijajakan di pasar tradisional
Berbagai kebutuhan rumah tangga yang dijajakan di pasar tradisional

Online24, Makassar – Harga kebutuhan bahan pokok di Makassar melonjak. Salah satunya harga jeruk nipis yang kini melonjak dari harga sebelumnya.

Pelonjakan harga jeruk nipis ini pun, di karenakan minimkan pasokan kebutuhan pokok yang biasa disandingkan dengan hidangan coto makassar ataupun santapan berkuah lainnya.

“Sekarang susah pak pasokannya, jadi kita kalau ambil banyak juga berpikir panjang. Karena kalau ambil perkarung 1,2 juta rupiah harganya,” ucap Mawar (24) salah seorang pedagang di Pasar Pa’baeng-baeng kepada online24jam.com, Sabtu (21/10/2017).

Harga jeruk nipis yang sebelumnya seribu rupiah perbiji hingga dua ribu rupiah pertiga bijinya, kini perbijinya mencapai dua ribu rupiah, sampai lima ribu rupiah perbijinya.

“Kini dua ribu perbiji, itupun rugi kalau mau perkilonya 25 ribu rupiah sampai 30 ribu rupiah tergantung kondisi jeruk nipisnya. Jadi kita biasa belah jeruknya untuk meyakinkan pembeli,” ungkapnya.

Dari data yang dihimpun online24jam.com, harga sembako ataupun kebutuhan pokok lainnya seperti cabai, tomat, bawang dan lainnya tidak terpengaruh dengan lonjakan harga jeruk nipis di pasaran.