DPR RI Gandeng Kemenkes Sosialisasikan Germas di Lutim

Editor : ifan Ahmad

Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Aula Kantor Desa Bangun Jaya Kecamatan Tomoni, Minggu (22/10/2017). (Foto: Humas Pemkab Lutim)
Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Aula Kantor Desa Bangun Jaya Kecamatan Tomoni, Minggu (22/10/2017). (Foto: Humas Pemkab Lutim)

Online24, Luwu Timur – Menindak lanjuti Instruksi Presiden RI No 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur bekerja sama dengan Anggota DPR RI dari Komisi IX, Andi Fauziah Pujiwatie Hatta menggelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Aula Kantor Desa Bangun Jaya Kecamatan Tomoni, Minggu (22/10/2017).

Sosialisasi itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat. Dikemas dalam bentuk talk show dan diskusi dengan menghadirkan beberapa narasumber seperti Kepala seksi strategi komunikasi kesehatan direktorat promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, Andi Saribunga Untung, dan Anggota DPRD Kab. Luwu Timur, A.Endhy B.Ghin.Go.

Perwakilan Kemenkes Andi Saribunga Untung menyebutkan, Germas merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran bagi setiap orang untuk hidup sehat.

“Hidup sehat itu tidak hanya semata-mata menjadi tanggung jawab dinas kesehatan, tapi ini semua adalah tanggung jawab kita bersama,” ujar Andi Saribunga saat menyampaikan materinya

Ada beberapa point yang penting dan perlu diperhatikan masyarakat dalam Gerakan masyarakat hidup sehat. Diantaranya tetap menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga minimal 30 menit/hari, konsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari, menjaga lingkungan agar selalu bersih, dan menjaga kesehatan diri sendiri.

“Karena mengingat saat ini biaya obat di rumah sakit semakin meningkat, sehingga ¬†diharapkan agar selalu mampu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan tempat tinggal,” ucap Andi Saribungan.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Luwu Timur Dr.April yang mewakili Bupati menyampaikan bahwa Germas adalah suatu tindakan sistematis dan terencana dilakukan bersama-sama dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berprilaku sehat demi meningkatkan kualitas hidup.

“Mari kita membumikan kegiatan Gerakan Masyarakat hidup sehat ini, sehingga mampu meningkatkan taraf dan kualitas hitup kita,” kata dr. April

Lanjutnya, ia juga mengingatkan kepada seluruh element masyarakat, terutama stakeholder khusus seperti Dinas Kesehatan agar selalu gencar dan tanggap dalam mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) ditengah-tengah masyarakat,” pungkas dr. April.

Sosialisasi juga dihadiri oleh sejumlah kepala OPD dan Camat ini dirangkaikan dengan penandatangan komitmen bersama dalam melaksankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). (*)