Baling-baling Pertama PLTB Sidrap Telah Terpasang

Editor : ifan Ahmad

Online24, Sidrap – Pemasangan blade atau baling baling Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Sidrap telah terpasang. Blade sepanjang 60 meter tersebut telah terpasang Minggu (22/10/2017).

Foto-foto yang beredar di sejumlah sosial media memperlihatkan tiga blade terpasang di satu tower PLTB yang terletak di Kecamatan Watang Pulu, Desa Mattirotasi.

“Alhamdulillah, baling baling PLTB Sidrap telah terpasang,” ujar Rezky, seorang warga Kabupaten Sidrap. Foto yang diunggah tersebut terlihat tiga blade telah terpasang menggunakan mesin alat berat.

Sekda Sidrap, Sudirman Bungi, pun membenarkan hal tersebut. “Blade tersebut memang telah terpasang karena pihak Investor UPC menargetkan hingga akhir tahun baik tower maupun baling baling telah terpasang,” ujarnya.

Seperti diketahui, sebanyak 30 turbin tower berasal dari Spanyol termasuk blade atau baling-baling berasal dari luar negeri. Total blade sebanyak 90 baling baling dan masing masing blade beratnya 20 ton sepanjang 60 meter. PLTB listrik ini adalah pertama di Indonesia yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi tahun 2018 nanti. (*)