Rektor Unhas Hadiri Rembuk Nasional 2017 di Jakarta

Reporter :
Editor : Lucky

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, saat Rembuk Nasional Bidang Polhukam dan Keamanan Nasional di Unhas, 7 Oktober lalu
Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, saat Rembuk Nasional Bidang Polhukam dan Keamanan Nasional di Unhas, 7 Oktober lalu

Online24, Makassar – Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, menjadi salah satu tamu yang diundang untuk menghadiri Rembuk Nasional 2107. Rembuk Nasional yang juga akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo, dan jajaran Kabinet Kerja ini diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017).

Acara dimulai pukul 08.30 WIB diawali dengan pembahasan rekomendasi dari masing-masing bidang sebagaimana telah dihasilkan pada rembuk daerah sejak bulan September dan Oktober.

Rembuk Nasional ini akan dilanjutkan nanti malam pada 19.00 WIB. Agenda nanti malam, salah satunya akan diisi dengan penyerahan rekomendasi Rembuk Nasional dari seluruh Bidang, serta pengarahan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Acara rembuk Nasional ini sendiri diselenggarakan dalam rangka memperoleh masukan publik mengenai kebijakan pembangunan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla yang telah memasuki tahun ke-4.

Kegiatan dibagi dalam  12 bidang pembangunan, yaitu :

Bidang 1: Pengelolaan Polhukam dan Ketahanan Nasional
Bidang 2: Merawat Kebhinnekaan dan Memperkokoh NKRI
Bidang 3: Menata Ekonomi, Industri, dan Perdagangan
Bidang 4: Mempercepat Pembangunan Infrastruktur dan Konektifitas
Bidang 5: Menuju Kedaulatan Pangan dan Mengelola Ketahanan Pangan
Bidang 6: Menata Pertambangan dan Ketahanan Energi Nasional
Bidang 7: Kemaritiman dan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan
Bidang 8: Menata Lingkungan, Kehutanan, dan Pertanahan
Bidang 9: Kesehatan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial
Bidang 10: Pembangunan Sumber Daya Manusia, Terperbarukan dan Pendidikan Vokasi
Bidang 11: Membangun Desa Berbasis Wisata, Budaya, dan Industri Kreatif
Bidang 12: Cyber Resiliense, Melindungi Pengelolaan Data dan Diseminasi Informasi Nasional

Pada 7 Oktober 2017 lalu, Universitas Hasanuddin dipercayakan sebagai penyelenggara Rembuk Nasional Bidang 1 (Pengelolaan Polhukam dan Ketahanan Nasional).

Dalam pertemuan tersebut, berbagai masukan dari pemangku kepentingan diserap dan didiskusikan, yang menghasilkan 8 rekomendasi utama.

Masukan-masukan itu kemudian dirumuskan untuk menjadi bahan masukan bagi pemerintahan Jokowi – JK dalam sisa 2 tahun lagi.(*)

KH