ACC Harap Seleksi CPNS Kejaksaan Agung Lahirkan Jaksa Berintegritas

Reporter :
Editor : Lucky
Peneliti ACC Sulsel, Hamka
Peneliti ACC Sulsel, Hamka

Online24, Makassar – Peneliti ACC Sulsel, Hamka, berharap agar proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kejaksaan Agung dilakukan secara transparan dan jujur.

“Sekarang seluruh masyarakt mendambakan jaksa yang berintegritas. Salah satu cara menciptakan jaksa yang berintegritas adalah melalui proses seleksi yang juga harus berintegritas tidak dengan cara-cara yang curang,” ungkapnya.

Menurutnya, seorang jaksa juga dikenal sebagai pengendali proses perkara (Dominus Litis). Jaksa berhak menolak berkas perkara dari penyidik polisi jika dokumen dan fakta hukumnya belum lengkap.

“Di sini salah satu peran penting seorang jaksa untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan wewenang yang berdampak pada pelanggaran HAM seorang terperiksa,” imbuh Hamka.

Untuk itu ia dan segenap masyarakat Indonesia berharap proses seleksi ini benar benar dilakukan secara transparan dan jujur.

“Jadi kita berharap proses seleksi ini benar benar menjadi dilakukan secara transparan dan jujur, sehingga kejaksaan akan mendapatkan amunisi jaksa baru yang didambakan publik yakni jaksa yang berintegritas,” pungkasnya.

Di lingkup Kejati Sulsel, dari 1.144 orang peserta yang mengikuti tes Computers Assited Test (CAT), hanya 93 orang yang lolos.

[fbcomments]