Mahasiswa Parepare Peringati Sumpah Pemuda Dengan Pawai Obor

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Pawai obor mahasiswa Stie Amsir Parepare
Pawai obor mahasiswa Stie Amsir Parepare

Online24, Parepare – Sabtu, 28 Oktober menjadi momen penting bagi pemuda di seluruh pelosok Indonesia. Karena di hari itu, genap 89 tahun perjalanan gerakan pemuda yang ditandai dengan ikrar Sumpah Pemuda pada tahun 1928 silam.

Hampir seluruh pemuda di Bumi Indonesia yang memeriahkan momen sejarah anak muda ini. Berbagai rangkaian kegiatan dilakukan untuk menunjukkan kobaran semangat, dari anak muda yang tidak pernah sirna.

Sama halnya yang dilakukan mahasiswa Stie Amsir Parepare. Di pelopori Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dengan berjalan membawa obor mulai dari kampus Amsir hingga Patung Pemuda. Sekitar 70 mahasiswa jurusan ekonomi, menggagas beberapa rangkaian kegiatan agar tidak melupakan pertemuan anak muda yang mencetuskan sumpah pemuda di Jalan Kramat Raya, daerah Kwitang Jakarta, 28 Oktober 1928, atau 89 tahun silam.

Ketua BEM, Arwin, mengatakan, 70 mahasiswa jurusan ekonomi berpartisipasi menyuarakan sumpah pemuda. Dengan mengusung tema ‘mengaktualisasikan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan bermasyarakat’. Berbagai rangkaian kegiatan digalakkan dalam perayaan sumpah pemuda kali ini.

“Kita turun ke jalan dengan membawa obor. Kemudian menggelar drama teatrikal. Tujuannya, untuk mengingatkan kembali kepada para pemuda zaman sekarang, bagaimana kondisi real saat dicetuskan sumpah pemuda,” katanya.

Selain itu kata Arwin, pihaknya juga melakukan orasi untuk membangkitkan kembali gairah perjuangan yang kian redup, dikarenakan teknologi dan zaman.

“Anak muda zaman sekarang bermimpi terlalu luas. Hanya karena memiliki teknologi canggih, sehingga beranggapan dunia dalam genggaman mereka. Coba keluar sejenak, lihat isi dunia, agar kau tahu betapa luasnya dunia, betapa banyaknya ilmu yang bisa didapat. Pembelajaran yang paling luar biasa adalah pengalaman. Buat hidupmu penuh pembelajaran,” terang mahasiswa ekonomi semester lima ini.