Catalonia Deklarasikan Kemerdekaan dari Spanyol

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Catalonia secara resmi mendeklarasikan kemerdakaan dari Spanyol. Pengumuman itu disampaikan oleh parlemen Catalonia, Jumat (27/10/2017) waktu setempat. Berdasarkan keputusan tersebut, parlemen mengatakan jika Catalonia merupakan degara yang demokratis dan berdaulat.
Namun, keputusan ini tidak serta merta diterima oleh pemerintah Spanyol dan Uni Eropa serta masyarakat internasional.
Sementara itu, parlemen Catalonia mengaku siap menggelar pembicaraan dengan pemerintah Spanyol terkait kemerdekaan tersebut.
“Tidak akan mudah, itu tidak akan bebas, itu tidak akan berubah dalam sehari. Tapi tidak ada alternatif untuk proses menuju Republik Catalonia,” kata Anggota Dewan Marta Rovira dari Junts pel Si, Partai Pro-kemerdekaan, dalam sebuah debat yang mengarah pada pemungutan suara, seperti dikutip dari detikcom.
Setelah debat, anggota parlemen dari tiga partai nasional utama, Partai Rakyat, Sosialis, dan Ciudadanos keluar dari forum. Anggota Partai Pro-kemerdekaan dan Podemos kemudian memilih 70-10 dalam sebuah pemungutan suara rahasia. Mereka bertujuan menghalangi usaha pemerintah pusat untuk menjatuhkan tuntutan pidana kepada mereka.
Sementara itu, Majelis Tinggi Parlemen Spanyol yang melangsungkan sidang di Madrid, setuju agar pemerintah pusat mengambil alih daerah otonom Catalunya.
“Langkah-langkah luar biasa seharusnya hanya diadopsi jika tidak ada upaya lain yang mungkin dilakukan. Menurut saya tidak ada alternatif. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan dan yang harus dilakukan adalah menerima dan mematuhi hukum,” ujar Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengatakan dalam sebuah pidato yang dihadiri para senat.
“Kami menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah terakhir kami,” sambung Rajoy.
Deklarasi kemerdakaan Catalonia ini, disambut antusisa oleh warga yang memenuhi jalan-jalan di Barcelona. Mereka mengaku senang dengan hasil referendum.
“Saya emosional karena Catalonia telah berjuang selama 40 tahun untuk mandiri dan akhirnya saya dapat melihatnya,” kata Sejarawan Catalonia, Montserrat Rectoret.
Sekedar diketahui, Catalonia adalah salah satu wilayah Spanyol yang paling makmur dan sudah memiliki tingkat otonomi yang tinggi.