Tim Penilai Dinkes Sulsel Sambangi Posyandu Lansia di Luwu Timur

Editor : ifan Ahmad

Tim penilai Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan, meninjau Posyandu Lansia
Tim penilai Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan, meninjau Posyandu Lansia "Ayah Bunda" Desa Bayondo, Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur, Senin (30/10/2017). (Foto: Pemkab Lutim)

Online24, Luwu Timur – Meski usia terbilang usur, namun semangat  para lanjut usia (Lansia) di Desa Bayondo, patut diajungi jempol. Atas dasar itu, pos pelayan terpadu (Posyandu) kesehatan Ayah Bunda Desa Bayondo ini didaulat mewakili Kabupaten Luwu Timur sebagai peserta lomba Posyandu Lansia tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Tim penilai Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan, meninjau Posyandu Lansia ” Ayah Bunda” Desa Bayondo, Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur, Senin (30/10/2017).

Ketua tim penilai Astati Made Amin didampingi Andi Rasdiana, Essy Hariyanti, Andi Kartini, Arifah Rachman ini disambut Staf Ahli Bidang Pembangunan Kab Luwu Timur, Zakaria Bakri, Kadis Kesehatan, dr. April,  Camat Tomoni, Sri Muliyani, Kepala Puskesmas Tomoni, dan Plt.Kepala Desa Bayondo, Irwan Malete.

Dalam penilaian ini tim penilai provinsi melakukan kunjungan langsung guna melihat sejauh mana keterpaduan pembinaan oleh pemerintah daerah setempat terhadap posyandu Lansia Ayah Bunda, selain itu juga sekaligus melihat langsung aktivitas kader dalam memberikan pelayanan.

Astati Made Amin menyebutkan, kriteria penilaian lomba posyandu antara lain pemeriksaan administrasi, posyandu lansia, sarana pemeriksaan lansia, sanitasi serta kegiatan lansia itu sendiri.

Plt.Kepala Desa Baruga, Bayondo, Irwan Malete, mengatakan Posyandu Lansia Bayondo selama ini aktif dan juga bersinergi dengan pemerintah kecamatan. Dia menuturkan, pemerintah setempat selalu mengapresiasi setiap kegiatan masyarakat karena hal tersebut merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat di tingkat Desa.

Sementara itu Staf Ahli Pembangunan Luwu Timur, Zakaria Bakri dalam sambutannya mengatakan tujuan dari kegiatan lomba posyandu Lansia ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia menuju kehidupan masa tua yang bahagia,  berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

Posyandu sebagai sarana pelayanan kesehatan yang murah dan berkualitas mampu meningkatkan kesehatan masyarakat lanjut usia. Oleh karena itu pemerintah telah melakukan pembinaan yang bermanfaat untuk kepentingan masyarakat.

Ia menambahkan, di Posyandu Lansia Ayah Bunda mengadakan kegiatan rutin memeriksa kesehatan seperti berat badan, tekanan darah, mulai dari satu pekan satu kali sampai perbulan.

Selain itu juga, mereka (Lansia) juga mengikuti senam rutin, mengisi waktu membuat kerajinan dan program lainnya, supaya Lansia mempunyai hidup yang baik dan bermanfaat,” tutupnya.