4 Tahun Dirintis, Perguruan Tinggi Gagasan RMS Disidrap Akan Mandiri

Editor : Muhammad Tohir

Mahasiswa AKN PDD Sidrap Kuliah Sekaligus Mempraktekkan Teori disalah satu Peternakan Ayam Petelur Disidrap
Mahasiswa AKN PDD Sidrap Kuliah Sekaligus Mempraktekkan Teori disalah satu Peternakan Ayam Petelur Disidrap

Online24,Sidrap-Julukan sebagai lumbung padi diKabupaten Sidrap hingga kini masih terus terjaga, bahkan terus membaik, bahkan sidrap kini juga dikenal sebagai sentra penghasil telur terbesar untuk kawasan Indonesia timur, betapa tidak, telur-telur asal kabupaten sidrap di kirim kesejumlah provinsi di Indonesia. Dan kini sektor pertanian dikabupaten sidrap terus berkembang, untuk menunjang dan menyiapkan sumber daya manusia agar sektor pertanian dikabupaten sidrap terus membaik, pemerintah dibawah kendali H. Rusdi Massepun menggagas perguruan tinggi yang husus mempelajari sektor pertanian dan peternakan. Yakni Akademi Komunitas Negeri Nenemallomo Sidrap.

Dosen AKN Nene Mallomo Bahrul Appas mengatakan, Prospek Kerja Mahasiswa  AKN Nene Mallomo cukup menjanjikan, dikampus tersebut mahasiswa mempelajari bidang ilmu Peternakan dan Pertanian, seperti bidang peternakan, Secara Khusus Program Studi Ternak Unggas merupakan program studi yang mempelajari serba serbi Peternakan Unggas, seperti Manajemen ayam petelur, pakan, teknologi produksi, pengolahan bahkan hingga proses Pemasaran.

“di Prodi Unggas ini kurang lebih  70% Praktek dibanding dengan teori baik praktek dalam ruangan Lab. maupun langsung ke peternak yang berkaitan dengan Ilmu peternakan, seperti Budidaya Layer, Manajemen Ternak Unggas, Manajemen Pullet, Manajemen Perkandangan, Kewirausahan, Agribisnis Ternak Unggas dan lain sebagainya,”Ujar Bahrul yang juga pengusaha ternak ayam petelur ini.

Bahrul Appas mengaku, Sebagian orang menganggap  jurusan ini tidak terlalu populer disbanding dengan jurusan lainnya. Padala menurutnya prospek Ternak Unggas sangat jelas dan luar biasa.” jurusan Ternak Unggas menawarkan prospek kerja yang luar biasa. Kita bisa melihat bahwa dunia peternakan di negara kita bisa dibilang belum terlalu populer, banyak kebutuhan dalam Negeri yang masih mengandalkan impor, ini merupakan pertanda bagus, bahwa prospek kerja di bidang peternakan akan terus dibutuhkan,” Ujarnya.

Selain itu Lanjut Bahrul tidak sedikit perusahaan besar dibidang peternakan yang membutuhkan tangan trampil dan ahli dibidangnya, seperti misalnya penerimaan Tenaga Manajer Farm di setiap Farm-farm besar di daerah Sidrap milik rakyat, tenaga vaksinator, tenaga pemasaran sapronak dan lain sebagainya.  Prosepk itu kata dia membuktikan bahwa Prodi Ternak Unggas sangat luas dan terus berkembang.

“dengan hadirnya AKN Nene Mllomo Sidrap kedepan diharapkan dapat melahirkan Sumber Daya Manusia yang mengedepankan profesionalisme,etos kerja yang kuat, memiliki motivasi dan dedikasi tinggi dalam membesarkan potensi daerah untuk kesejahteraan Masyarakat Ternak di kabupaten Sidrap untuk menghadapi era MEA dan globalisasi,” Tambahnya.

Lembaga Pendidikan Di luar Domisili yang saat ini di bawa Naungan Politani Pangkep. Dan direncanakan Tahun ini akan Mandiri dan menjadi Akademi Komunitas Negeri Nenemallomo (AKN Nenemallomo Sidrap.

“ sebenarnya Ide atau gagasan pendirian perguruan tinggi ini kurang lebih 4 tahun yang lalu dan itu tercetus saat Pak Bupati H.Rusdi Masse bersama Peternak Rakyat se-Sidrap, dimana banyak masukan dan curhatan peternak tentang kurangnya Tenaga Kerja yang Profesional di usaha ini, dan ternyata pak bupati meresponnya dan langsung merintis Kampus AKN itu,” Tandasnya.