Ditetapkan Sebagai Tersangka, Jen Tang Diperiksa Pekan Depan

Reporter :
Editor : Asri Muhammad
Jentang (kiri)
Jentang (kiri)

Online24, Makassar – Usai menetapkan tersangka baru dalam kasus dugaan penyewaan lahan milik negara di kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo Kota Makassar, tim penyidik akan segera melakukan pemeriksaan terhadap Soedirjo Aliman alias Jentang, pekan depan.

Hal ini disampaikan oleh Kajati Sulsel, Jan S Maringka, pada konfrensi pers di media center Kejati Sulsel, Rabu(1/11/2017).

“Kami akan melakukan pemeriksaan tersangka pada hari Senin pekan depan,” ujar Jan kepada wartawan.

Jan menambahkan, dalam kasus ini pengusaha reklamasi terkemuka tersebut disangkakan melanggar pasal 22 UU no 31 tahun 1999 Jo UU no 20 tahun 2001, tentang pemberantasan tindak pidana kasus korupsi Jo pasal 55 ayat (1) KUHP dan pasal 3 atau pasal 4 UU no 8 Tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tidak pidana pencucian uang.

“Penetapan tersangka berinisial SA alias JT ini merupakan tindak lanjut dari langkah Kejati Sulsel dalam mengungkap secara tuntas dugaan penyimpangan lain di seputar lokasi proyek pembangunan Makassar New Port (MNP),” imbuh Jan.

Sekedar diketahui, kasus ini berawal dari kesepakatan penyewaan lahan negara yang digarap Rusdin dan Jayanti kepada PT PP untuk digunakan sebagai jalan masuk proyek Makassar New Port (MNP). Lahan tersebut disewa PT PP dari Rusdin dan Jayanti sebesar Rp 500 juta per tahun. Pada tahun kedua PT PP merasa hal tersebut tidak benar dan melaporkannya kepada Kejati Sulsel.