Geser Bill Gates, Ini Manusia Terkaya di Dunia

Editor : Asri Muhammad

Pendiri Amazon, Jeff Bezos. (foto : qz.com).
Pendiri Amazon, Jeff Bezos. (foto : qz.com).

Online24, Makassar – Pemilik Microsoft, Bill Gates, tidak lagi menjadi orang terkaya di dunia setelah posisinya tersebut disalip oleh pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos. Posisi ini sebelumnya pernah ditempati Bezos pada Juli lalu, namun sempat disalip oleh Bill Gates.

Dengan kekayaan yang semakin meningkat, posisi teratas orang terkaya di dunia ini sepertinya akan lama ‘dijabat’ oleh Bezos. Seperti dilansir Forbes, kekayaan Jeff Bezos mencapay USD 93,1 miliar atau Rp 1.265 triliun. Jumlah ini lebih unggul dari harta milik Bill Gates yang ‘hanya’ memiliki USD 90 miliar atau Rp 1.222 triliun.

Naiknya kekayan Bezos ini, tidak lain karena tingginya harga saham Amazon. Seperti dikutip dari CNBC, kekayaannya naik nyaris USD 9 miliar karena harga saham Amazon melonjak lebih dari 11%.

Sebenarnya, harga saham Microsoft juga cukup meleijit namun tidak mampu menyamai Amazon. Selain itu, hobi beramal yang dimiliki Bill Gates, membuat Bezos dengan nyaman bisa menjadi yang teratas. Diketahui Agustus lalu, Gates menyumbangkan sekitar 5 persen hartanya atau sekitar USD 4,6 miliar, yang menjadi donasi terbesar yang dikeluarkannya sejak tahun 2000.

Bezos yang kini berusia 53 tahun, mendirikan Amazon sebagai toko buku online pada tahun 1994. Pria berkepala pelontos ini sukses mengembangkannya hingga saat ini menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia.