Ratusan Mahasiswa Unismuh Unras Menuntut Rektornya Mundur

Editor : Lucky

Online24, Makassar – Ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar aksi unjuk rasa di halaman kampusnya, Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Kamis (2/11/2017) siang.

Beberapa perwakilan mahasiswa tersebut silih berganti melakukan orasi sementara yang lainnya membawa petaka-petaka untuk memaparkan aspirasinya kepada seluruh masyarakat kampus Unismuh Makassar.

Ratusan mahasiswa ini tergabung dalam aliansi mahasiswa Unismuh Bersatu menuntut agar Rektornya Dr Abd Rahman Rahim bersama Wakil Rektor (WR) III, Muhammad Tahir, untuk mundur dari jabatannya.

Menurut Rahmat selaku jendral aksi, banyaknya kebijakan kampus yang dianggapnya merugikan mahasiswa mulai dari pemberlakuan jam malam serta MoU birokrat dengan pihak kepolisian yang membolehkan polisi masuk dalam kampus.

“Berlakunya jam malam akan sangat merugikan bagi kita teman-teman sekalian karenaa akan menurunkan kreatifitas kita. Belum lagi MOU kampus dan pihak kepolisian yang membolehkan polisi berkeliaran di kampus akan membuat suasana kampus selalu tegang. “Ini kampus, bukan penjara,” kata Rahmat.

“Belum lagi komersialisasi pendidikan. Kerap kali ada pembayaran buku, namun kita lihat di perpustakaan fakultas hanya menyisakan skripsi-skripsi tua,” paparnya lagi.

Tidak hadirnya WR III Unismuh menyambut mahasiswanya yang melakukan aksi unjukrasa tersebut membuat peserta aksi kecewa dan berjanji akan terus melakukan aksi-aksi yang serupa jika tuntutannya tersebut tidak mendapatkan tanggpan dari pihak-pihak birokrasi kampus.

“Kita lihat teman-teman sekalian, saat kita datang meminta pertanggungjawaban birokrasi kampus atas kebijakannya selama ini, bahkan WR III tidak menyambut kita. Bahkan dia menutup diri di ruangannya, sehingga kita berjanji teman-teman untuk melakukan aksi serupa jika tuntutan kita pada hari ini tdak mendapatkan tanggapan dari mereka,” tutup orator.(*)