Sejarah Kendaraan Bermotor Pertama Yang Ada di Indonesia

Editor : Lucky

penampakan mobil pertama di Indonesia yaitu Benz Viktoria
penampakan mobil pertama di Indonesia yaitu Benz Viktoria

Online24, Makassar – Perkembangan transportasi di Indonesia bergerak dengan sangat cepat dan terus berevolusi. Pada umumnya, kendaraan biasanya dipakai untuk membantu manusia dalam berpindah tempat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Namun, bagaimana awal perkembangan kendaraan bermotor di Indonesia? Dalam buku James Luhulima berjudul “Sejarah Mobil dan Kisah Kehadiran Mobil di Indonesia” menyebutkan bahwa tercatat pada tahun 1893 kendaraan bermotor jenis roda dua hadir pertama kali di Indonesia.

Pemilik kendaraan roda dua pertama di Indonesia adalah John C Potter, pria berkebangsaan Inggris. Dia adalah seorang masinis pertama yang bekerja di pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur. Kendaraan bermotor itu didatangkan langsung dari pabriknya di Munchen, Jerman.

Berbeda halnya dengan kendaraan bermotor roda dua. James Luhulima dalam bukunya menyebutkan pada tahun 1894, mobil pertama tiba di Indonesia.

Mobil itu bermerek Benz Viktoria yang dipesan oleh seorang Raja Surakarta bernama Susuhunan Surakarta Paku Buwono X.

Mobil beratap terpal itu berharga 10 ribu Gulden yang dipesan langsung dari pabriknya di Eropa melalui perusahaan Prottle and Co yang berkantor di Surabaya.(*)