Permudah Pembayaran, Kejari-BRI Luncurkan E-Tilang

Reporter :
Editor : Lucky

Online24, Parepare – Memberikan bukti dalam meningkatkan dan mempermudah pelayanan pembayaran denda tilang kepada para pelanggar, Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyediakan program Elektronik Tilang (E-Tilang). Program ini bakal berjalan setiap hari Jumat, bertempat di halaman kantor Kejari Parepare.

Kepala Kejari Parepare, Reskiana Ramayanti, menyampaikan, program tersebut merupakan bentuk pelayanan prima kepada masyarakat. Tujuannya untuk memberikan kemudahan, saat melakukan penyetoran denda tilang.

Diharapkan tanpa melalui perantara, sehingga dapat menekan segala unsur pungli.

“Ini inovasi yang kita lakukan, bersama dengan Bank BRI Cabang Parepare. Jadi masyarakat yang ingin membayar denda atas pelanggarannya atau yang terkena tilang, bisa langsung dilakukan di mobil BRI yang standby di halaman kantor Kejari setiap Jumat,” ungkap Reskiana.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Parepare, Muh Idil, menambahkan, jika sebelumnya, dalam menangani pembayaran tilang, pihaknya kerap menggunakan sistem manual.

“Dulu kita layani dengan manual. Dengan inovasi ini, kita rubah pola pembayaran dengan E-Tilang. Sistemnya, bagi masyarakat yang membayar tilang, kita arahkan langsung ke teler BRI yang disiapkan di Kejari setiap Jumat. Kami hanya eksekutor, kita arahkan masyarakat yang menyetor sendiri,” katanya.

Lebih lanjut Idil menegaskan, dengan program tersebut, pembayaran denda tilang akan lebih efisien. Hal ini juga mengantisipasi adanya indikasi dugaan pungli.

“Sesuai dengan porsi, kita melayani pelanggar dalam hal pengembalian barang bukti dan penerimaan denda tilang. Namun, melalui program ini. Pembayaran pelanggaran kita arahkan langsung uangnya disetorkan ke BRI yang sudah disiapkan,” tegasnya.

Terpisah, Pimpinan Cabang Bank BRI Parepare, Agoes Rudiasono, menjelaskan, program E-Tilang merupakan fasilitas layanan publik berbasis teknologi digital yang memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Program ini lebih memudahkan pengendara yang kena tilang dalam mengurus dan membayar denda tilang dengan mudah, cepat, dan akuntabel,” singkat Agoes.(*)