Pavlopetri, Kota Kecil Yang Ditelan Oleh Samudera

Editor : ifan Ahmad

Kota di bawah laut
Kota di bawah laut

Online24, Makassar – Peradaban manusia sudah mencapai usia yang sangat panjang, ribuan tahun lalu, bahkan sebelum masehi. Banyak misteri masa lalu yang belum terungkap, termasuk beberapa kota kuno yang saat ini tenggelam di dasar laut. Kota-kota peradaban kuno tersebut ada hampir di seluruh dunia.

Para ahli arkeolog laut telah berhasil mengungkap keberadaan kota peradaban kuno di bawah laut. Kota bernama Pavlopetri di Yunani ini diperkirakan telah ada pada periode Minoan (2800 SM).

Kota Pavlopetri ditemukan pada kedalaman 4-5 meter di bawah laut dan tidak jauh dari pantai berpasir selatan, Laconia. Para ahli memperkirakan kota tersebut adalah kota pelabuhan, hal tersebut ditandai karena adanya bangkai kapal yang berada di dekatnya.

Kota dibawah laut itu juga masih sangat lengkap. Bangunan rumah, jalan, halaman, gedung peribadatan, kuburan. Bahkan setelah eksplorasi lebih lanjut, ditemukan puisi Yunani kuno.

“Penemuan keramik zaman neolitikum, merupakan suatu yang luar biasa. Kota ini dulunya adalah tempat perdagangan barang dan jasa yang maju” ujarĀ Geo-arkeologi laut, Dr Nic Flemming dari National Oceanography Centre, Southampton.

Selain kota Pavlopetri, sebenarnya masih ada beberapa kota bawah laut lain yang telah ditemukan dan yang belum ditemukan. Hal tersebut membuktikan bahwa manusia-manusia pada zaman dulu memiliki kemajuan teknologi.