Staf Pengurus Barang Pemkab Sidrap Belajar Tentang Perda PBMN dan Penatausahaan Simda BMD

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24,Sidrap-Ratusan Staf Pengurus Barang Di Bekali tentang Peraturan Daerah Pengelolaan Barang Milik Negara (PBMN) dan Bimbingan Teknis Penatausahaan Simda Barang Milik Daerah (BMD), di Aulah SKPD, Kabupaten Sidrap. Selasa (7/11/2017).

Panitia Pelaksana, Andi Rahmat Saleh mengatakan tujuan kegiatan dalam pengelolaan aset adalah pembinaan kepada aparatur daerah.

Pembinaan ini meliputi seluruh aspek kegiatan pengelolaan aset, dimulai dari penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah(RKBMD) sampai dengan proses Penghapusan Barang hingga disajikan pada Neraca Daerah berupa Laporan Aset Tetap.

Untuk itu, kegiatan Sosialisasi Perda Nomor 3 tahun 2017 tentang Pengelolaan BMD dan Bimtek Penatausahaan SIMDA BMD hadir sebagai salah satu upaya mengedukasi dan memberi bimbingan kepada pengelola dan pengguna barang.

“Ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara atau Daerah serta ditindaklanjuti oleh peraturan pelaksanaan yaitu Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara dan Daerah yang mana dalam salah satu pasal mengamanatkan kepada Pemerintah Daerah untuk menyusun peraturan daerah tentang pengelolaan barang milik daerah.” Bebernya.

Sementara Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Nursaman mengatakan pengelolaan Keuangan dan Aset Negara atau daerah harus terus menerus dilakukan pembenahan, karena hampir setiap lima tahun regulasi terkait dengan pengelola keuangan dan aset Negara dan daerah yang mengalami pembaharuan sebagaimana yang kita laksanakan pada hari ini.

Salah satu pasal dalam Permendagri kata Nursaman mengamanatkan agar Pemerintah Daerah menyusun Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah.

“Kegiatan ini menyangkut hal yang amat panting bagi upaya mempertahankan opini WTP (wajar tanpa pengeculian), dan kegiatan Sosialisasi Perda Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pengelolaan barang milik daerah ini sekaligus dapat kita implementasikan kedalam kegiatan Bimtek Aplikasi BMD.” Tandasnya.

Dimana tambahnya implementasi peraturan tersebut dimasukkan kedalam sebuah aplikasi yang disebut sebagai Aplikasi SIMDA BMD, untuk itu diharapkan peran aktif dari segenap jajaran OPD.

“Pengguna Barang, Pengurus dan Penyimpan Barang untuk memberi fokus perhatian pada acara ini sehinnga diharapkan peran sertanya, apa yang belum dipahami dan dimengerti dapat ditanyakan langsung kepada pemateri.” pungkasnya.