Antisipasi Serbuan Tenaga Konstruksi Asing, Ratusan Tukang Disidrap Ikuti Pembekalan dan Uji Sertifikasi

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Sidrap-Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sidrap dan LPJK Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja atau tukang konstruksi dengan mobile training unit (MTU), di Baruga SKPD Kabupaten Sidrap, Rabu ( 08/11/2017).

Kepala bagian tata usaha balai jasa konstruksi wilayah IV Setyarso disela-sela kegiatan mengatakan, Kegiatan ini dilakukan berdasarkan amanat undang-undang, dimana nantinya para tenaga konstruksi harus Harus memiliki, dengan begitu akan lebih meningkatkan daya saing hususnya dalam menghadapi era MeA dan juga menjadi Perasai atau tameng untuk menangkal tenaga kerja asing, dimana kata dia jika tenaga konstruksi bterampil maka tenaga kerja kita mampu bersaing dengan tenaga-tenaga asing.
“Kedepannya tenaga konstruksi ini wajib memiliki sertifikasi” ujarnya.

” Nanti kita juga berencana akan menggodok terkait itu, sehingga kedepan diharapkan para kontraktor yang mengerjakan proyek BUMN itu merekrut tenaga konstruksi yang memiliki sertifikasi,” ujarnnya.

Setyarso Melanjutkan, dalam kegiatan ini Yang direkrut memang betul-betul tukang yang telah memiliki dasar, namun sebelum diberikan sertifikat, para tukang ini akan mengikuti sejumlah tahapan ujian dan penilaian seperti tehnik, wawancar, porto polio yang berisi antara lain data diri dan masa kerja. Selain itu katanya dalam ujian itu mereka akan diberikan kasus-kasus terkait konstruksi guna mengetahui bagaimana cara mereka menyelesaikan kasus tersebut.

” Karena itu kita bekerjasama dengan LPJKP Provinsi Sulawesi Selatan dimana lembaga ini memang yang memiliki kompetensi terkait konstruksi,” katanya.

” Untuk memperoleh sertifikat ini, Kita permudah artinya peserta tidak perlu lagi membayar dan kita gratiskan, kedepan bisa jadi akan bayar, Untuk sidrap tahun ini sudah dua kali dan untuk hari ini target kita pesertanya 100 tukang,” Tandasnya.