Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Husler Ingatkan PPS Maksimal Lakukan Sosialisasi

Editor : Lucky

Pelantikan PPS Lutim
Pelantikan PPS Lutim

Online24, Malili – Sebanyak 381 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018 resmi bertugas setelah dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Ketua KPU Luwu Timur, Muhammad Nur. Pelantikan PPS ini juga disaksikan Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler, yang berlangsung di Gedung Wanita Simpurusiang, Malili, Sabtu (11/11/2017).

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah PPS ini juga dihadiri Kapolres Luwu Timur, AKBP Parojahan Simanjuntak, Ketua Panwas Luwu Timur, Rahman Atja, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Usai dilantik, para perwakilan anggota PPS ini dipasangi pin oleh Bupati Luwu Timur.

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler, dalam sambutannya mengatakan pemilu merupakan salah satu proses penting untuk menentukan pemimpin. Oleh karena itu, proses memilih pemimpin ini hanya bisa sukses jika ditangani oleh penyelenggara pemilihan yang independen dan netral.

“Pemilihan gubernur dan wakil gubernur kedepan harus lebih baik lagi. Mari kita sukseskan pemilihan ini dengan mendorong tingkat partisipasi masyarakat,” kata Husler.

“Kepada PPS yang baru dilantik saya harapkan agar bekerja secara profesional dan netral. Perbanyak sosialisasi di wilayahnya masing-masing agar tingkat partisipasi masyarakat bisa jauh lebih baik lagi,” tandasnya.

Berkaca pada pilkada Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur sebelumnya, Husler mengatakan wilayah ini masuk zona merah. Namun berkat kerjasama dan sinergitas seluruh komponen masyarakat baik pihak penyelenggara hingga pihak keamanan, Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur Luwu Timur berjalan sukses dan lancar. Bahkan telah dianugerahi penghargaan sebagai salah satu daerah yang sangat sukses dalam melaksanakan Pilkada.

“Kita sangat bangga atas pencapaian itu. Dan saya harap pemilihan kedepan ini kita harus laksanakan lebih baik lagi. Ingat, bekerja berdasarkan aturan, maka kita akan sukses,” tambahnya.

Orang nomor satu di Luwu Timur juga akan segera merespon kebutuhan PPS, termasuk yang paling mendesak yaitu fasilitas sekretariat di Desa. “Saya akan segera menginstruksikan baik kepada camat dan kades untuk membantu dan mendukung tugas-tugas Penyelenggara pemilu,” kata Husler.

Ketua KPU Luwu Timur, Muhammad Nur, mengatakan salah satu tugas PPS dalam waktu dekat adalah melakukan pendataan pemilih dan memverifikasi daftar pemilih.
Disamping itu, juga mendorong tingkat partisipasi pemilih.

“Tahun ini kita ditargetkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih sebesar 78 persen. Jika berkaca pada pemilihan tahun sebelumnya, partisipasi pemilih hanya berkisar 63 persen. Ini harus ditingkatkan olehnya PPS saya minta perbanyak sosialisasi,” kunci Nur.(*/hms)