Swiss Raih Tiket ke Piala Dunia 2018

Editor : Endhy

Online24 – Swiss resmi meraih tiket lolos ke babak utama Piala Dunia 2018 setelah menutup duel leg kedua play-off kualifikasi zona Eropa kontra Irlandia Utara di St. Jakob-Park, Basel, Senin (13/11) dini hari WIB.

Hanya saja kepastian langkah Swiss tersebut dibumbui dengan penalti kontroversial saat melakoni duel leg pertama di markas Irlandia Utara pekan lalu. Kala itu, di Windsor Park, gol bek kiri AC Milan, Ricardo Rodriguez dari titik putih mengamankan skor 1-0 yang sekaligus menjadi agregat kemenangan pasukan Vladimir Petkovic.

Dilansir goal.com, melakoni leg kedua di hadapan publik sendiri, Swiss sebenarnya lebih mendominasi jalannya permainan terutama di babak pertama. Tapi sejumlah peluang yang datang melalui aksi Haris Seferovic, Xherdan Shaqiri hingga Steven Zuber tak membuahkan hasil.

Irlandia Utara di bawah arahan Michael O’Neill’s memiliki momentum untuk mengejar ketertinggalan agregat di paruh kedua. Hanya saja, permainan mereka kurang efektif dan harus mengubur asa tampil di Piala Dunia tahun depan di Rusia setelah menutup laga tanpa gol.

Kegagalan ini membuat Irlandia Utara masih belum mampu tampil di babak utama Piala Dunia sejak terakhir kali berpartisipasi pada edisi 1986 yang berlangsung di Meksiko atau penampilan ketiga Green and White Army setelah 1958 dan 1982.

Sementara bagi Swiss, ini merupakan pencapaian keempat mereka secara beruntun ke putaran final Piala Dunia sejak 2006 silam. Tahun depan menjadi penampilan ke-11 mereka dalam sejarah turnamen.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu