Menguak Kelemahan Teknologi Face ID iPhone

Editor : Lucky

Uji coba membuka iPhone X melalui saudara kembar (sumber: Mashable)
Uji coba membuka iPhone X melalui saudara kembar (sumber: Mashable)

Online24, Makassar – FaceID merupakan teknologi pendeteksi wajah yang merupakan fitur keamanan andalan ponsel flaship terbaru milik Apple, Iphone X. Dalam sistem ini, wajah merupakan “password” untuk mengoperasikan smartphone dan hanya bisa dibuka oleh wajah yang didaftarkan. Teknologi itu bahkan digunakan untuk mengunduh aplikasi dan melakukan pembayaran di Apple Pay.

Namun, tentunya setiap teknologi pasti mempunyai kelemahan, termasuk teknologi FaceID yang ada di IPhone X. Laman berita Mashable mencoba melakukan uji coba, membuka kunci IPhone X dengan wajah saudara kembar. Dua pasang saudara kembar yang memiliki wajah sangati identik ini adalah MJ dan dan Marc Franklin serta Alex dan Carlos.

Mashable meminta salah satu pasangan saudara kembar itu untuk mendaftarkan wajah mereka di Face ID. Sedangkan yang lainnya diminta untuk membuka dengan wajahnya yang belum terdaftar.

Yang terjadi, iPhone X terbuka oleh wajah kembar yang belum terdaftar. “Teknologi ini tidak berfungsi untuk kami,” kata Marc Franklin.

Diketahui, sama seperti teknologi Touch ID (sidik jari), sistem biometrik Apple tersebut secara otomatis dinontaktifkan setelah ada kegagalan percobaan untuk menghindari penyalahgunaan. Pada Face ID, para pengguna diberikan hanya diberikan dua kali kesempatan untuk menyesuaikan wajah mereka, baru setelahnya memasukkan Passcode. berbeda dengan Touch Id diberikan lima kali kesempatan.(*)