Malaysia Gagal Berlaga di Piala Asia 2019

Editor : Endhy

Online24 – Malaysia harus mengubur mimpi untuk bisa tampil di babak utama Piala Asia 2019 setelah menelan kekalahan telak 4-1 dari Korea Utara dalam lanjutan fase ketiga kualifikasi yang digelar di Buriram Stadium, Thailand, Senin (13/11).

Kekalahan telak tersebut sekaligus membenamkan posisi Harimau Malaya di dasar klasemen Grup F, kalah bersaing dengan Lebanon yang sudah memastikan tiket lolos serta dua pesaing lainnya, Korea Utara dan Hong Kong.

Dalam laga yang berlangsung di tempat netral lantaran suhu politik antara Malaysia dan Korea Utara, wakil Asia Tenggara tersebut langsung dibungkam dengan hat-trick yang dicetak oleh penyerang muda Kim Yu-song di babak pertama.

Pak Kwang-ryong memperbesar keunggulan raksasa Asia Timur di babak kedua, sebelum kemudian bintang Malaysia di SEA Games lalu, Safawi Rasid mengemas gol hiburan bagi pasukan Nelo Vingada di akhir permainan.

Malaysia sudah lama tak mampu menembus putaran final Piala Asia, dengan terakhir kali tampil pada edisi 2007 lalu saat menjadi tuan rumah bersama Indonesia, Thailand dan Vietnam. Itu merupakan penampilan ketiga mereka dalam sejarah setelah 1976 dan 1980.