Jumlah Penonton PSM Makassar Tertinggi di Liga 1

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Suporter PSM  membanjiri lapangan merayakan kemenangan PSM Makassar
Suporter PSM membanjiri lapangan merayakan kemenangan PSM Makassar

Online24, Makassar – PSM Makassar menjadi klub dengan tingkat okupansi stadion tertinggi di Liga 1 Indonesia musim 2017. Tingginya animo suporter memadati Stadion Andi Mattalatta, markas tim Juku Eja mengalahkan tim lainnya yang memiliki banyak suporter fanatik seperti Persela, Persija, dan Persib.

Tingkat okupansi stadion dihitung berdasarkan jumlah pengunjung yang hadir di stadion dibagi kapasitas stadion. Data resmi dari Liga 1 menunjukkan, jika PSM menempati peringkat teratas dengan presentase 92 persen kehadiran penonton sepanjang musim.

Hal ini memang terlihat di 17 laga kandang tim Juku Eja di stadion berkapasitas 15 ribu penonton yang selalu dipenuhi sesak. Meski harus puas di peringkat ketiga klasmen akhir, PSM dibawah komando Robert Rene Alberts tampil mengesankan. Apalagi jika bermain di markasnya, dengan hanya masing-masing menelan kekalahan dan hasil imbang sekali.

Sementara diperingkat kedua diisi Persela Lamongan yang bermarkas di Stadion Surajaya Lamongan. Meski finis di posisi ke-14, namun tim berjuluk Laskar Joko Tingkir ini mampu mengalahkan dua tim dengan basis suporter besar, Persib dan Persija dengan presentasi 89 persen.

Sementara itu, Persija berada di posisi ketiga dengan 82 persen. Persib Bandung harus puas di berada di bawah tim Macan Kemayoran dengan 59 persen. Prestasi anjlok dengan hanya mampu mengakhiri musim di pososi 13 adalah penyebabnya.

Bagaimana dengan tim juara Bhayangkara FC? Klub milik Polri ini hanya berada diperingkat ke-16 dengan presentasi 12 persen. Kalah dari tiga tim yang sudah terdegradasi, Semen Padang (38 persen), Persiba Balikpapan (29 persen), Gresik United (15 persen).

Berikut peringkat okupansi stadion 18 klub peserta Liga 1 2017: