Selamat Ulang Tahun Coach Robert Rene Alberts!

Reporter :
Editor : Lucky

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts
Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts

Online24, Makassar – Hari ini, Selasa (14/11/2017), pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts, genap berusia 63 tahun. Pelatih kelahiran Amsterdam, Belanda, tersebut saat ini melatih PSM Makassar, klub yang berkompetisi di Liga Indonesia.

Dilansir dari Wikipedia, sebelum memulai karirnya sebagai pelatih, Robert adalah pesepakbola. Ia adalah alumnus salah satu akademi terbaik di Belanda, Ajax Amsterdam. Robert sempat merumput di klub Perancis, Amerika Serikat, dan Swedia.

Sebelum kembali melatih PSM untuk periode keduanya, karir kepelatihan Robert cukup panjang. Pada 2002, Robert menjadi direktur kepelatihan di Korea Selatan. Dia juga menjabat pelatih kepala Timnas U-17 Korsel hingga 2004.

Pada 2005 hingga 2008, Robert menjadi direktur teknik FAM (PSSI-nya Malaysia). Selama memegang klub di Malaysia dan Singapura, Robert membuat timnya mempunyai rekor sebagai yang tak terkalahkan.

Di Liga Malaysia 4 tahun dan di Liga Singapura 6 tahun, ia menangi semua titel kompetisi. Pertama melatih di Kompetisi Indonesia ia sukses membawa Arema Indonesia menjuarai Liga Super Indonesia edisi 2008/2010 dan Runner up Piala Indonesia 2010.

Setelahnya, ia hijrah ke PSM Makassar. Akibat carut marut kompetisi di Tanah Air, ia hanya satu musim melatih tim Juku Eja dan memutuskan kembali ke Malaysia dengan melatih Sarawak FC.

PSM di bawah kepemimpinan Munafri Arifuddin selaku CEO PT Persaudaraan Sepakbola Makassar (PSM) kemudian memanggilnya menggantikan Luciano Leandro di bangku kepelatihan tim saat ISC 2016 baru memasuki pekan ketiga.

Meski sempat terseok-seok di papan bawah, Robert kemudian berhasil membawa PSM finis di peringkat keenam pada ajang itu. Terbaru, pelatih berkacamata ini gagal mewujudkan impian juara pendukung PSM yang terpendam selama 17 tahun.

Hamka Hamzah dkk harus puas diperingkat ketiga, di bawah Bali United serta sang juara Bhayangkara FC. Meski demikian, kehadirannya dianggap mampu membawa PSM menjadi tim yang disegani tim lain di Indonesia.

Untuk musim 2018, Meneer ini kembali dipercaya manajemen PSM. Ia diminta membentuk tim yang lebih tangguh guna mewujudkan ambisi juara manajemen dan suporter setia tim kebanggaan warga Sulsel ini.

Selamat ulang tahun coach! Semoga musim 2018 nanti, Anda bisa membawa PSM Makassar menjadi juara.(*)