Beredar Seruan #UninstallTraveloka, Ini Penyebabnya

Editor : Lucky

Online24, Makassar – Seorang pianis Indonesia, Ananda Sukarlan, baru-baru ini menjadi perbincangan warganet lantaran aksi walkout-nya meninggalkan ruangan saat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sedang memberikan sambutan saat acara peringatan 90 tahun berdirinya Kolese Kanisius di JlExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (11/11/2017) lalu.

Namun siapa sangka, aksinya itu berbuntut panjang. Akibatnya, dunia maya dipenuhi dengan hashtag boikot #uninstallTraveloka. Hashtag ini bahkan sempat bertengger di puncak trending topic Twitter hari ini, Selasa (14/11/2017).

Diketahui, awal mula hastag boikot tersebut muncul setelah sebuah cuitan di Twitter menyebutkan bahwa jika salah satu pendiri Traveloka, Derianto Kusuma, turut mendukung aksi walkout yang dilakukan Ananda. Bahkan, pendiri Traveloka yang juga termasuk alumni Kanisius itu dikabarkan ikut walkout dan menyalami Ananda.

Sejumlah kalangan menilai bahwa aksi ini melecehkan Gubernur DKI, Anies Baswedan.

Hal inilah yang memicu kemarahan netizen sehingga aplikasi Traveloka pun kena imbasnya. Bahkan sebuah video beredar cara melakukan uninstall aplikasi Traveloka itu.

PR Manager Traveloka, Busyra Oryza, mengatakan bahwa Derianto Kusuma adalah salah satu penerima penghargaan di acara tersebut. Namun dia berhalangan hadir.

“Sebenarnya Pak Deri (Derianto) tidak hadir. Beliau sedang melakukan perjalanan dinas di hari itu. Jadi kalau dibilang ada Pak Deri di sana dan disebut memberikan dukungan (kepada Ananda), Beliau tidak ada di situ,” ujar Busyra.(*)