Mahasiswa STIKES Sidrap Ajari Warga Obati Kanker Dengan Temu Putih

Editor : Muhammad Tohir

STIKES Muhammadiyah Sidrap menggelar penyuluhan cara mengobati kanker dengan temu putih
STIKES Muhammadiyah Sidrap menggelar penyuluhan cara mengobati kanker dengan temu putih

Online24,Sidrap- Mahasiswa program studi DIII Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Sidrap menggelar penyuluhan cara mengobati kanker dengan temu putih di desa Carawali, Kecamatan Watang Pulu, Sidrap, Selasa (14/11/2017).

Penyuluhan yang di ikuti puluhan  warga desa binaan STIKES Muhammadiyah Sidrap ini mengangkat tema, pemanfaatan temu putih untuk pengobatan kanker.

Ketua Prodi DIII Farmasi STIKES Muhammadiyah Sidrap, Wahyuni Laode, berharap desa ini juga menjadi desa percontohan tanaman obat (toga) dan juga menjadi desa percontohan kampung herbal, “desa Carawali ini menjadi desa binaan kami sejak 2015, desa ini juga menjadi desa binaan TP PKK Sidrap, sehingga kami ingin menjadikan desa ini sebagai desa percontohan yang mampu memanfaatkan temu putih dalam menyembuhkan penyakit kanker,” katanya¬† saat menyampaikan sambutan.

“Selain menjadi percontohan nantinya diharapkan desa ini juga mampu menghasilkan produk untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Carawali,” lanjut Wahyuni.

Fitriana, Sekertaris DIII Farmasi STIKES Muhammadiyah Sidrap, memaparkan, jika pemanfaatan obat herbal sangat baik? jika diolah secara tepat,”herbal merupakan obat alami yang tidak jarang ditemukan dilingkungan sekitar, tinggal bagaimana kita mengolahnya dengan tepat,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Desa Carawali, Abd Hafid Mekka, mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat ini karena menurutnya kegiatan itu mampu meningkatkan pola hidup sehat bagi masyarakat desanya, “ini merupakan penambahan pengetahuan tentang bagaimana hidup sehat dan bagaimana masyarakat mampu memanfaatkan temu putih yang memang banyak ditemukan di desa Carawali ini,” tandasnya.