Denmark Hajar Tuan Rumah Republik Irlandia

Editor : Endhy

Online24 – Denmark membuat hasil mengejutkan, dengan menghajar tuan rumah Republik Irlandia 5-1 pada leg kedua play-off kualifikasi Piala Dunia, Rabu (15/11) dini hari WIB.

Christian Eriksen menjadi pembeda dengan mengukir tiga di antara lima gol Denmark, sekaligus mengantar tim Dinamit melenggang ke putaran final turnamen di Rusia tahun depan, setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol pada pertemuan pertama pekan lalu.

Dilansir goal.com, dengan hasil imbang di leg pertama, Irlandia memulai pertandingan di Aviva Stadium dengan gemilang dan langsung unggul saat laga baru berjalan enam menit, ketika tendangan bebas Robbie Brady mengarah ke kotak penalti lawan.

Nicolai Jorgensen berusaha melakukan clearance, namun bola melambung di udara dan Shane Duffy melompat tinggi untuk melesakkannya ke gawang Kasper Schmeichel.

Namun, kegembiraan tersebut tak bertahan lama karena tim tamu mampu mencetak gol tandang, sekaligus menyamakan skor, di menit ke-29.

Berawal dari corner, Pione Sisto membawa bola ke kotak lawan dan terjadi kemelut di mulut gawang, di mana Andreas Christensen melepaskan tembakan yang membentur tiang. Beruntung bola muntah langsung disambar defender Cyrus Christie.

Kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk Denmark tiga menit kemudian via Eriksen usai menerima umpan matang dari Nicolas Jorgensen.

Irlandia butuh dua gol untuk lolos ke Rusia dan Martin O’Neill membuat dua perubahan saat jeda, dengan memasukkan Aiden Mcgeady dan Wes Hoolahan.

Namun, Denmark tetap mendominasi dan Eriksen nyaris membobol gawang lawan, namun masih berhasil dihentikan Darren Randolph.

Kiper Irlandia tak punya kesempatan untuk membendung serangan lawan, saat Sisto menyuplai bola untuk Eriksen, yang melepaskan tembakan melengkung dari jarak 20 yard.

Pemain Tottenham Hotspur tersebut melengkapi hat-trick di pertandingan ini pada menit ke-73, memanfaatkan kesalahan Stephen Ward mengantisipasi sebuah umpan silang.

Pemain pengganti Nicklas Bendtner menutup kemenangan dengan sebuah penalti setelah dilanggar James McClean di area terlarang.

Ini menjadi kegagalan kedua beruntun Irlandia setelah mereka juga tersingkir di babak play-off Piala Dunia 2010.