Gagal ke Piala Dunia, Belanda Justru Tampil Menawan

Editor : Endhy

Online24 – Belanda tampil trengginas saat melawat ke Arena Nationala, Bucuresti, markas Rumania. Tuan rumah dipermalukan tiga gol tanpa balas oleh sang tamu.

Kemenangan ini setidaknya menjadi “hiburan” bagi anak-anak Dick Advocaat yang secara mengejutkan gagal melangkah ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Oranje sendiri sedang dalam tren bagus sejak gagal melenggang ke turnamen empat tahunan itu. Dalam tiga pertandingan terakhir, mereka selalu menang clean sheet dengan catatan gol 6-0.

Ada pun Rumania gagal menyegel tempat di Piala Dunia setelah hanya mampu mengakhiri fase kualifikasi zona Eropa di Grup E dengan hanya duduk di urutan keempat.

Pertandingan ini sempat berjalan alot sepanjang 45 menit pertama. Namun, Belanda yang bermain di hadapan publik lawan, tampil meyakinkan sejak sepak mula.

Barulah di paruh kedua tim tamu meledak. 45 menit kedua baru berjalan dua menit, gawang tuan rumah jebol melalui manuver Memphis Depay. 1-0, Belanda berada di atas angin.

Keunggulan ini mendorong kepercayaan diri laskar Advocaat untuk menambah torehan. Memasuki menit ke-56, Ryan Babel yang bekerja sama dengan Steven Berghuis, sukses menuntaskannya jadi gol kedua.

Tertinggal dua gol, Rumania langsung melakukan empat pergantian pemain. Pun Belanda yang memasukkan Luuk de Jong, menggeser peran Babel. Alih-alih mengejar, Rumania malah kembali kecolongan.

Sang supersub de Jong mencatatkan namanya di papan skor setelah kembali Berghuis menunjukkan kontribusi pentingnya dengan menyervis nama pertama di menit ke-81. Keunggulan 3-0 Belanda bertahan sampai kedua tim bersalaman.