Cari Bibit Handal, Humas dan Protokol Setdako Parepare Gelar Pelatihan

Reporter :
Editor : Fahmi
Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Parepare menggelar pelatihan Protokoler lingkup Pemerintah Kota Parepare di Hotel Bukit Kenari, Kota Parepare, Kamis, 16 November.
Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Parepare menggelar pelatihan Protokoler lingkup Pemerintah Kota Parepare di Hotel Bukit Kenari, Kota Parepare, Kamis, 16 November.

Online24, Parepare – Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Parepare menggelar pelatihan Protokoler lingkup Pemerintah Kota Parepare di Hotel Bukit Kenari, Kota Parepare, Kamis (16/11/2017). Pelatihan yang dihadiri 45 orang peserta dari sejumlah instansi Pemkot Parepare ini, diharap menjadi jembatan dalam melahirkan Tim Protokoler yang hebat dan andal, bukan hanya sebagai Tim Prokoler semata, tetapi juga menjadi pribadi yang bisa mengolah event-event sebagai Event Organizer (EO) profesional, layaknya EO swasta.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdako Parepare, Amarun Hamka, mengatakan peningkatan keterampilan keprotokoleran dalam mengatur acara pimpinan, menjadi tujuan utama kegiatan ini. Bahkan, menjadi sebuah wadah seleksi bagi Bagian Humas dan Protokol Setdako Parepare dalam mencari Tim Protokoler yang andalan.

“Pelatihan tidak kita laksanakan begitu saja, namun ini juga merupakan proses seleksi Tim Protokoler tahun 2018, menjadi salah satu bentuk seleksi kami, untuk mencari Tim andal,” katanya.

Pelatihan ini, lanjut Hamka, juga dikemas menarik, serta menghadirkan pemateri yang profesional di bidangnya, salah satunya, dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Materi yang kami berikan tidak seperti biasanya, kita ingin melahirkan Protokol yang lebih baik yang setara dengan EO swasta. Selain mengatur acara, juga bisa mendesain acara secara entertain, supaya memuaskan para undangan,” katanya.

Hingga SK Tim Protokoler Setdako terbit, para peserta akan dilatih menjadi Protokol profesional, termasuk melatih fisik dan mentalnya.

“Selain pemateri dari Kemendagri, kami juga menghadirkan Pemateri dari Provinsi Jawa Timur yang sering melaksanakan kegiatan yang profesional, tanpa melibatkan EO, tapi menggunakan Tim Protokol sendiri,” paparnya.

Pelatihan protokoler ini, diapresiasi para peserta. Salah satunya Ryant Maulana, Staf Pengelola Database BKPSDM Kota Parepare.

“Banyak pengetahuan yang kita dapat, selama ini yang kami tahu mengenai gambaran umum PNS non protokol, kayak MC-ji, pengatur kursi, tapi ternyata lebih dari itu. Semua yang dilakukan ada peraturan baku yang mengatur,” terang Ryant, mengapresiasi kegiatan tersebut.