NH-Aziz Gelar Deklarasi Terakbar di Indonesia

Reporter :
Editor : Asri Muhammad
NH-Aziz
NH-Aziz

Online24, Makassar – Pasangan kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Halid dan H Abd Aziz Kahar Muzakkar (NH – Aziz) akan mendeklarasikan diri, Jumat (17/11) malam ini. Deklarasi ini disebut NH sebagai deklarasi politik terakbar yang pernah dilaksanakan di Indonesia. Deklarasi yang akan digelar di Lapangan Karebosi, Makassar, dipastikan akan bertabur tokoh elite politik.

Total sebanyak 37 ribu undangan telah disebar. NH menyampaikan jika seluruh Ketua DPD I Golkar dari 34 provinsi dijadwalkan hadir.

Selain itu, NH juga akan menghadirkan minimal 80 persen pengurus harian partai berlambang Pohon Beringin ini. Begitupun dengan enam pimpinan parpol pengusung yakni partai NasDem, Hanura, PKB, PKPI, dan PPP yang akan turut hadir.

Hanya Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang dipastikan absen karena bertepatan dengan Rakernas NasDem di Jakarta. Sementara Djan Fariz (PPP), Muhaimin Iskandar (PKB), Oesman Sapta (Hanura), dan HM Hendropriyono (PKPI) dijadwalkan menghadiri undangan deklarasi NH-Aziz.

“Deklarasi ini adalah deklarasi terakbar yang pernah terjadi di Indonesia, bukan di Sulsel,” kata NH saat ditemui usai mengakhiri kirab dan merayakan ulang tahunnya yang ke 59 tahun secara sederhana di Rumah Perjuangan NH-Aziz, Jalan Penghibur, Makassar, Jumat (17/11) dinihari.

Meski digelar di ruang terbuka, namun deklarasi nanti dipastikan tidak akan menyamai deklarasi politik pada umumnya yang menggerakkan banyak massa. NH-Aziz membatasi jumlah peserta dengan alasan untuk menyampaikan pesan moral, politik, dan pembangunan.

“Semua undangan akan duduk. Undangan sebanyak 37 ribu sama dengan jumlah kursi yang kita siapkan. Kalau membludak keluar berarti lebih,” beber NH.

Mantan Manajer PSM Makassar ini menyebut deklarasi tersebut ala Amerika atau American Style.

Sebelum mendeklarasikan diri, baik NH maupun Aziz melakukan kirab dari kampung atau dalam Bugis Makassar dikenal dengan adat Mappatabe’ terlebih dahulu dilakukan pasangan yang mengusung tagline “Sama-samaki’ Membangun dari Kampung” ini.

NH memulai dari kampung halamannya di Bone, sedang Aziz berangkat dari Luwu. Keduanya sama-sama melewati tujuh kabupaten sebelum bertemu di depan Rumah Perjuangan NH-Aziz, Kamis (16/11) malam.

NH menjelaskan, jika kirab ini dilakukan untuk melestarikan budaya Mappatabe yang menjadi ciri khas Bugis-Makassar.

“Kita minta ijin doa restu. Alhamdulillah antusias masyarakat luar biasa menyambut kami,” ucap NH.

Antusiasnya warga mengiringi acara kirab ini disepanjang jalan membuat pasangan NH-Aziz semakin optimis bakal memenangkan kontestasi politik lima tahunan nanti. Padahal kata dia, timnya tidak mebgeluarkan pengumuman maupun iklan.

“Saya berangkat dari Bone dilepas oleh Bupati Bone dengan irin-iringan hanya sepanjang1 kilometer. Bahkan di Takalar, panjangnya sampai 10 kilimeter. Rakyat keluar dari rumah mereka dan mereka memunculkan salam NH-Aziz,” ungkapnya.

Bahkan kata dia, di Kabupaten Gowa yang notabene adalah lumbung suara salh satu calon pesaingnya, Ikhsan Yasin Limpo dan Andi Mudzakkar pun tumpah ruah ke jalan memberi semangat dan dukungan kepada NH.

“Saya lihat di Kabupaten Gowa, di Sungguminasa juga luar biasa. Masyarakat disana sudah menanti kamiu dari pukul 16.00 WITA sore,” katanya.

Sesampai di Rumah Perjuangan NH-Aziz, keduanya lalu disambut sejumlah pengurus teras partai Golkar Sulsel dan ratusan simpatisan. Turut hadir Mantan Gubernur Sulsel, HM Amin Syam dan Mantan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Burhanuddin Andi.

[fbcomments]