5 Spot Liburan Favorit di Makassar, Kamu Pilih yang Mana?

Reporter :
Editor : ifan Ahmad
Suasana Malam Tahun Baru di Anjungan Pantai Losari
Suasana Malam Tahun Baru di Anjungan Pantai Losari

Online24, Makassar – Selain jadi “surganya wisata kuliner” di kota Makassar juga banyak tempat wisata yang sayang kalau kamu lewatkan. Nah, mumpung kali ini lagi weekend, nih lima tempat liburan di Makassar yang wajib kamu kunjungi bersama teman dan keluarga.

  1. Pantai Losari

Inilah ikon dari Kota Makassar. Pantai Losari adalah sebuah tempat wisata di Makassar dengan panorama sunset yang begitu memikat. Kalau hembusan sepoi angin Pantai Losari sudah kamu rasakan, wuhhh dijamin tidak mau pulang deh. Hehe. Dengan lokasinya yang terletak di jantung kota Makassar, pantai Losari ini telah menjadi destinasi favorit bagi siapapun yang baru pertama kali menginjak Makassar.

Jangan jauh-jauh cari makanan kalau di Pantai Losari. Kamu wajib mencoba kuliner terkenal disana, yaitu pisang epe.  Nah, kalau pisang epe’ belum cukup buat kamu kenyang, ada banyak rumah makan seafood juga disana, tinggal pilih saja mana suka.

  1. Trans Studio Theme Park Makassar

Berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektar dengan ketersediaan 21 wahana seru dan menarik, tempat wisata di Makassar yang satu ini adalah destinasi paling favorit yang diminati banyak penikmat perjalanan, khususnya di kawasan Timur Indonesia.

Sebelum Trans Studio Bandung berdiri, inilah theme park indoor terbesar di Indonesia dan juga di dunia. Ini pula salah satu destinasi wisata keluarga paling menarik di Sulawesi. Taman hiburan ini terbagi atas empat kawasan dengan tema yang berbeda, yakni Studio Central (bertema Hollywood), Lost City (bertema petualangan), Cartoon City (dunia kartun), dan Magic Corner (sentuhan magis).

Trans Studio Mall ini terletak di kawasan Tanjung Bunga Makassar, berjarak dekat dari Pantai Losari yang telah melegenda sebagai ikon kota Makassar. Untuk dapat masuk, anda harus membayar tiket masuk Trans Studio Makassar sebesar Rp 100 ribu (Senin – Jum’at), menjadi Rp 150 ribu di akhir pekan dan hari libur.

  1. Fort Rotterdam

Tempat wisata yang satu ini berada di tepian pantai arah barat kota Makassar, persisnya di Jl. Ujung Pandang. Fort Rotterdam sebenarnya adalah sebuah benteng warisan dari kerajaan Gowa yang dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke X. sebelum menggunakan nama kerennya Fort Rotterdam, dulu disebut sebagai Benteng Ujung Pandang.

Jadi bertanya-tanya kan, kenapa yah jadi tempat wisata? Nah, pesona Benteng Rotterdam ini berada pada Museum La Galigo yang menyimpan 4.999 koleksi etnografi. Benda-benda peninggalan sejarah bisa kamu lihat di tempat ini. ada banyak spot foto-foto yang keren juga loh disini.

  1. Pulau Samalona

Kalau tadi tempat wisatanya di darat semua, nih tempat wisata yang paling sering bikin hati senang. Yups, Pulau Samalona namanya. Main air di waktu weekend seru kali yah.

Memiliki luas area sekitar 2,34 ha, objek wisata di Makassar yang satu ini adalah objek wisata bahari yang favorit dikunjungi para penikmat perjalanan, baik domestik maupun mancanegara. Pulau Samalona memiliki pesona yang begitu memikat pada ikan tropis dan biota laut. Makanya menjadi sebuah destinasi snorkling di Makassar yang menarik untuk dikunjungi. Laut yang jernih serta hamparan pasir putih adalah daya tariknya yang menawan. Jadi pengen nyebur nih.

  1. Pulau Kodingareng Keke

Masih wisata air nih guys. Selain Samalona, di kota Makassar juga ada Pulau Kodingareng Keke yang berjarak sekitar 14 km dari kota Makassar. Pulau ini merupakan sebuah pulau yang tak berpenghuni. Daya pikat utama tempat wisata Makassar yang satu ini adalah pada air lautnya yang jernih dan bergradasi mulai dari warna biru muda, toska, hingga biru tua. Inilah juga salah satu tempat menyelam di Makassar yang disukai banyak pecinta snorkel.

Di Pulau Kodingareng Keke tidak tersedia fasilitas publik seperti halnya yang ada di Pulau Samalona. Anda harus membawa perbekalan makanan dan minuman jika ingin menikmati pesona indah pulau di Makassar ini. Lazimnya, para wisatawan datang terlebih dahulu ke pulau ini sebelum menjejakkan kaki di Pulau Samalona. Sebab, pada umumnya kapal atau speed boad yang Anda sewa akan menawarkan kunjungan pada kedua tempat tersebut.

Itulah 5 tempat wisata yang tak boleh kalian lewatkan di Kota Makassar. Hayo, siapin perlengkapan dan pilih tempat wisata yang ingin kamu kunjungi di Makassar. Selamat Berlibur. (*)