Pengamat : Dukungan Massa saat Deklarasi NH-Aziz, ‘Rusak’ Psikologi Kandidat Pesaing

Reporter :
Editor : Asri Muhammad
Pengamat : Dukungan Massa saat Deklarasi NH-Aziz, 'Rusak' Psikologi Kandidat Pesaing
Pengamat : Dukungan Massa saat Deklarasi NH-Aziz, 'Rusak' Psikologi Kandidat Pesaing

Online24, Makassar – Mendekati Pilkada Serentak 2018 mendatang, para kandidat calon Gubernur Sulsel beserta pasangannya telah menggelar deklarasi dan memproklamirkan dirinya untuk maju dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Tidak terkecuali pasangan Cagub Nurdin Halid dan pasangannya Aziz Qahhar (NH-Aziz), yang menggelar deklarasi di Lapangan Karebosi, Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (17/11/2017).

Menurut salah seorang pengamat politik Dr Syarifuddin Jurdi, deklarasi NH-Aziz yang berlangsung di Lapangan Karebosi merupakan acara deklarasi yang meriah dengan venue yang sangat luar biasa.

“Deklarasi merupakan bagian dari usaha pasangan calon menunjukkan kekuatannya kepada masyarakat. Pasangan NH-Aziz dalam deklarasinya memperoleh sambutan yang cukup besar kelihatannya dari warga yang hadir dalam deklarasi, meskipun tidak selalu berbanding lurus dengan perolehan suara dalam pemilu,” ungkap Syarifuddin kepada online24jam.com, Minggu (19/11/2017).

Selain itu, dengan adanya dukungan massa yang berasal dari seluruh daerah se-Sulsel akan membuat lingkaran dukungan untuk NH-Aziz makin besar dan kuat.

“Dukungan massa yang kelihatan besar itu sangat berpengaruh secara psikologis dan politis bagi pasangan NH-AZIS, setidaknya memberi optimisme untuk terus memperkuat barisan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, menurutnya deklarasi versi NH-Aziz merupakan suatu arena unjuk kekuatan calon, baik itu berupa dukungan massa, modal dan promosi program.

“NH-Azis merupakan pasangan yang secara politik memperoleh dukungan terbesar dan sekaligus yang paling berpengaruh. Dalam tempo singkat, pasangan ini berhasil memproduksi citra dan image tersendiri di masyarakat,” imbuh Syarifuddin.

[fbcomments]