Salvatore Mundi, Lukisan Leonardo da Vinci yang Penuh Teka-Teki

Editor : ifan Ahmad
Lukisan Salvatore Mundi  (Photo by VCG Wilson/Corbis via Getty Images)
Lukisan Salvatore Mundi (Photo by VCG Wilson/Corbis via Getty Images)

Online24, Makassar – Lukisan berusia 500 tahun yang bernama Salvatore Mundi atau biasa dikenal Savior of the world adalah karya lukisan Leonardo da Vinci baru-baru ini memecahkan rekor jumlah lelang seharga $ 460 juta atau senilai dengan 6 Triliun rupiah lebih.

Sebelumnya, lukisan paling bersejarah ini dijual dengan harga hanya 45 US Dollar pada tahun 1950an karena diyakini hanya replika salinan.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, para ahli seni meyakini bahwa lukisan tersebut bukanlah ciptaan si jenius da Vinci. Dengan melihat beberapa inkonsistensi penting pada potongan lukisan yang bola orb yang sedang dipegang oleh Yesus dalam lukisan tersebut.

Potongan bola orb dalam lukisan itu diyakini tidak menunjukkan bayangan tangan dari bola kaca yang diposisikan seperti pada bagian lukisan itu.

Menurut penulis Walter Isaacson, lukisan Salvator Mundi dicat saat Leonardo berusia 48 tahun, ketika masa hidupnya saat itu dia sangat berinvestasi dalam mempelajari fisika dan optik. IIsaacsonmenulis bahwa Leonardo mungkin telah “secara halus mencoba memberikan kualitas ajaib kepada Kristus dan bolanya.”

Menurutnya, Leonardo da Vinci tidak akan membuat kesalahan seperti itu, atau memang dia secara sengaja menghilangkan rincian pada lukisan tersebut. Hal ini akan menjadi teka-teki misteri yang akan dipecahkan oleh para ahli seni. (*)