235 Tewas Akibat Teror Bom di Masjid Usai Shalat Jumat

Editor : Asri Muhammad
Korban bom di masjid. (foto : tempo.co)
Korban bom di masjid. (foto : tempo.co)

Online24, Makassar – Sebanyak 235 orang tewas akibat ledakan bom dan serangan bersenjata di Masjid Al-Rawdah di Bir al-Abed, yang berada di Kota El-Arish, kota terbesar di Provinsi Sinai Utara, Mesir, Jumat (24/11/2017) waktu setempat. Para pelaku melakukan serangan kepada jamaah yang baru saja usai menunaikan ibadah Shalat Jumat.

Hingga saat ini, belum ada kelompok yang mengklaim sebagai otak dari serangan tersebut. Menurut saksi mata, para pelaku berjumlah puluhan orang dan langsung melakukan teror kepada jamaah

“Para pelaku menembaki orang-orang saat mereka meninggalkan masjid,” tutur seorang warga setempat yang kerabatnya berada di lokasi kejadian, seperti dilaporkan kantor berita MENA dan dilansir Reuters juga AFP.

“Mereka juga melepas tembakan ke arah ambulans,” imbuhnya.

Usai kejadian ini, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi kemudian menggelar rapat darurat. Seusai rapat, pemerintah Mesir berjanji akan membalaskan dendam para korban di masjid tersebut. Selain itu, Mesir juga menetapkan 3 hari sebagai hari berkabung nasional.

Diketahui, situasi konflik di Sinai memburuk setelah militer Mesir yang dipimpin Al-Sisi melengserkan Presiden Mohamed Morsi pada 2013. Dalam serangannya, milisi di Sinai juga mulai menarget warga sipil yang dianggap bekerja sama dengan militer Mesir.