Catat! Ini Tahapan Verifikasi 1 Juta KTP Dukungan IYL-Cakka di KPUD Sulsel

Reporter :
Editor : Asri Muhammad
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo (kiri) dan Andi Mudzakkar (kedua kiri) menyerahkan berkas pendaftaran kepada Ketua KPUD Sulsel, Iqbal Latief (kanan).
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo (kiri) dan Andi Mudzakkar (kedua kiri) menyerahkan berkas pendaftaran kepada Ketua KPUD Sulsel, Iqbal Latief (kanan).

Online24, Makassar – Pasangan bakal calon Gubernur dan wakil gubernur, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar telah menyerahkan 1 juta dokumen KTP sebagai persyaratan untuk maju melalui jalur independen di Pilgub Sulsel 2018, Sabtu (25/11/2017) siang tadi.

Tahapan yang akan dilakukan terhadap dokumen KTP itu telah dijabarkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2017.

Ketua KPUD Sulsel, Iqbal Latief mengatakan jika tahapan verifikasi akan melibatkan Bappilu dan pendukung bakal calon. “Tahapan ini turut melibatkan tim dari Bappilu dan Tim IYL-Cakka untuk menjaga proses ini betul-betul safety,” ujarnya.

Berikut tahapan-tahapannya yang dirangkum Online24jam.com:

1. Verifikasi Adminsitrasi

Tahapan pertama yang akan ditempuh adalah verifikasi administrasi yang dilakukan oleh Tim Verifikator KPUD Sulsel di Hotel Grand Asia, Makassar.

Sebanyak 1 juta dukungan KTP akan diteliti apakah memenuhi jumlah minimal dukungan dan sebaran. Sebelumnya, KPU Sulsel telah menetapkan jumlah syarat minimal 460.124 KTP yang tersebar di 13 kabupaten/kota di Sulsel.

Saat ini, KPU Sulsel tengah menghitung jumlah dokumen KTP dukungan IYL-Cakka yang diantar sekitar 40 truk dan juga memastikan persebaraannya memenuhi persyaratan. Dukungan 1 juta KTP yang diserahkan IYL-Cakka diklaim timnya tersebar di 24 kabupaten/kota Provinsi Sulsel.

Sesuai jadwal, tahapan ini harus dirampungkan sampai 28 November. “Waktunya sempit sekali karena hanya ada dua hari, sementara tim verifikator berjumlah 75 orang,” ujar Iqbal Latif.

Selanjutnya, jika memenuhi syarat minimal dan sebaran, dokumen tersebut kemudian akan menjalani penelitian administrasi dan dukungan ganda hingga 5 Desember. Jika telah memenuhi verifikasi administrasi, hasilnya harus disampaikan kepada PPS mulai 9-11 Desember 2017.

2. Verifikasi Faktual

Setelah itu, tahapan berikutnya adalah verifikasi faktual di tingkat desa/kelurahan mulai 12-25 Desember. Tahapan kedua ini memakai metode sensus dengan menemui langsung setiap pendukung calon yang menyerahkan KTP-nya apakah betul mendukung pasangan IYL-Cakka.

Jika pendukung calon tak bisa ditemui, maka pasangan calon diberi kesempatan untuk menghadirkan mereka di Kantor PPS. Namun, jika pasangan calon tak bisa menghadirkan pendukung mereka ke Kantor PPS, jalan terakhir adalah melalui video call. Jika tidak maka dukungan calon dinyatakan tidak memenuhi syarat alias batal.

Untuk diketahui, hasil verifikasi faktual ini tidak diumumkan ke publik untuk menjaga kerahasiaan pemilik suara.

3. Rekapitulasi

Setelah diverifikasi faktual, KTP dukungan tersebut kemudian direkapitulasi dimulai dari tingkat kecamatan (26-28 Desember), kabupaten/kota (29-31 Desember), hingga tingkat provinsi (1-3 Januari).

Hasil verifikasi dokumen syarat dukungan pasangan calon perseorangan dituangkan dalam berita acara yang selanjutnya diteruskan kepada PPK dan salinan hasil verifikasi disampaikan kepada pasangan calon.

PPK melakukan verifikasi dan rekapitulasi jumlah dukungan pasangan calon untuk menghindari adanya seseorang yang memberikan dukungan kepada lebih dari 1 (satu) calon dan adanya informasi manipulasi dukungan yang dilaksanakan paling lama 7 (tujuh) hari.

4. Penyampaian Surat Keputusan

Hasil verifikasi dukungan pasangan calon perseorangan dituangkan dalam berita acara yang selanjutnya diteruskan kepada KPU Kabupaten/Kota dan salinan hasil verifikasi dan rekapitulasi disampaikan kepada pasangan calon.

“Kalau sudah terpenuhi syarat jumlah dan sebaran, kita akan plenokan dan buatkan surat keputusan kalau paslon itu telah memenuhi syarat,” kata Iqbal Latief.

Dalam konteks Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, salinan hasil verifikasi dan rekapitulasi dipergunakan oleh pasangan calon perseorangan sebagai bukti pemenuhan persyaratan dukungan pencalonan untuk mendaftar melalui jalur independen.

Pengumuman pendaftaran calon gubernur sendiri berlangsung pada 1-7 Januari 2018. Untuk pendaftaran dimulai 8-10 Januari 2018 mendatang.

[fbcomments]