Andi Makkaraka Resmi Nahkodai KKMB Luwu Timur

Editor : Asri Muhammad

Online24, Malili – Andi Makkaraka resmi menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKMB). Pelantikan Andi Makkaraka beserta seluruh pengurus KKMB Luwu Timur dilantik oleh Ketua KKMB Provinsi Sulawesi Selatan, H Andi Muallim di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Selasa (28/11/2017).

Pelantikan ini juga disaksikan Bupati Luwu Timur HM Thorig Husler, Bupati Bone Andi Fashar Mahdin Padjalangi, Ketua DPRD Luwu Timur H Amran Syam, mantan Bupati Barru Andi Pamadengrukka Mappanyompa, sekretaris KKMB Sulsel Andi Ahmad Agung, bahkan tokoh nasional masyarakat Bone HM Nurdin Halid juga terlihat hadir.

Ketua KKMB Sulsel H Andi Muallim, mengingatkan kepada ketua terpilih agar menjaga kebersamaan dan kerukunan serta ikut mendukung pemerintah dalam membangun daerah. Menurutnya, orang Bone itu mampu beradaptasi dan berbaur dengan berbagai etnis yang ada.

“Ciri orang Bone itu perantau. Makanya jangan heran jika orang bone tersebar dimana-mana. Dan kebanyakan yang merantau itu sukses. Itu karena orang Bone selalu memegang teguh adat dimanapun berada,” katanya.

Muallim mencontohkan, salah satu tokoh masyarakat Bone yang sukses dalam perantauan adalah sosok Nurdin Halid. Menurutnya, Nurdin telah membuktikan kapasitasnya sehingga banyak diberikan amanah baik disektor koperasi, olahraga hingga karir politiknya yang terbilang sukses.

Mantan Sekda Provinsi Sulawesi Selatan ini juga mengatakan kesuksesan orang Bone itu karena karakternya, semangat dan tekadnya yang kuat sehingga dipercaya untuk memimpin. Hal itu bisa dikatakan karena didalam tubuh orang bone sejak dulu memang mengalir darah pemimpin (arung).

Bupati Luwu Timur HM Thorig Husler dalam sambutannya mengatakan, secara historis atau sejak zaman kerajaan, Luwu dan Bone punya keterikatan dan hubungan emosional yang sangat dekat. Tidak mengherankan, kata Husler jika disetiap kecamatan dalam wilayah Kabupaten Luwu Timur banyak tersebar orang Bone. Husler juga berharap dukungan orang Bone, untuk terus bersama dan bersinergi membangun daerah.