Riwayat Sakit Bondan Winarno, Awalnya Kesemutan Saat Naik Pesawat

Editor : Lucky
Bondan Winarno (Foto: Detikcom/Agung Phambudhy)
Bondan Winarno (Foto: Detikcom/Agung Phambudhy)

Online24, Jakarta – Jagad wisata kuliner dan juga hiburan Tanah Air tersentak mendengar kabar kematian ikon wisata kuliner, Bondan Haryo Winarno. Pria yang mempopulerkan jargon “Maknyuss” itu meninggal dunia di RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Jakarta Barat, Rabu (29/11/2017), sekitar pukul 09.05 WIB di usia 67 tahun.

Sampai saat ini, penyebab kematian Bondan belum diketahui pasti. Ada yang bilang karena sakit jantung, karena sebelumnya sempat menjalani operasi jantung.

Dilansir dari Metrotvnews.com, Bondan sempat menceritakan tentang riwayat penyakitkan di milis Yahoo, Jalansutra, melalui rekannya Harry Nazarudin.

“Keluarga JS-ku, mohon maaf bila selama beberapa hari ini saya menyembunyikan sebuah rahasia besar dari Anda semua,” tulis Bondan mengawali cerita.

Bondan merinci riwayat sakit yang belum dia ketahui pasti selama 12 tahun terakhir. Sakitnya berawal dari gejala ba’al atau kesemutan saat naik pesawat dari Singapura ke Jakarta pada 2005.

Dia menemui beberapa dokter di rumah sakit berbeda, tetapi menjumpai diagnosa berbeda, antara masalah jantung atau bukan jantung. Karena bimbang, Bondan memutuskan tidak menjalani katerisasi dan hanya meminum pil pengencer darah Plavix untuk menghindari penyumbatan arteri.