Mantan Jenderal Tewas Usai Minum Racun Saat Sidang

Editor : Asri Muhammad
Slobodan Praljak saat akan meminum racun. (foto : CNN).
Slobodan Praljak saat akan meminum racun. (foto : CNN).

Online24, Makassar – Slobodan Praljak (72), mantan Jenderal perang Kroasia Bosnia meninggal dunia saat sedang menjalani sidang di Pengadilan Den Haag, Kamis (30/11/2017). Praljak tewas setelah menelan racun usai hakim menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara kepadanya.

Seperti dilansir CNN, berdasarkan rekaman video pengadilan nampak Praljak menenggak minuman dari botol kecil saat hakim sedang membacakan vonis.

“Saya bukan penjahat, dan menolak keputusan itu,” ujar Praljak seperti dikutip dari detikcom.

Melihat ulah Praljak, hakim langsung menghentikan sidang dan meminta pihak medis untuk mengecek kondisi mantan Jenderal tersebut. Meski telah mendapatkan perawatan, namun nyawa Praljak tidak dapat diselamatkan. Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovic, lalu mengucpakan belasungkawa atas kejadian itu.

“Atas nama Pemerintah Republik Kroasia dan atas nama saya sendiri, saya ingin menyampaikan belasungkawa saya yang terdalam kepada keluarga Jenderal Slobodan Praljak,” cuit Plenkovic diakun twitter resmi pemerintah.

Sebelumnya, Praljak bersama enam mantan pemimpin Kroasia Bosnia dinyatakan bersalah atas kasus kejahatan kemanusiaan seperti pemerkosaan dan pembunuhan Muslim Bosnia, serta kejahatan perang pada 2013 lalu. Kasus yang dilakukan Praljak sendiri pada tahun 1992 dan 1994. Berdasarkan dakwaan, Praljak adalah aktor utama yang membantu tentara Dewan Pertahanan Kroasia untuk mengamankan senjata dan amunisi.